Sabtu 12 September 2020, 15:05 WIB

ARSSI : Libatkan RS Swasta Tangani Covid-19

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
ARSSI : Libatkan RS Swasta Tangani Covid-19

ANTARA/GALIH PRADIPTA
Tenaga medis beraktivitas di halaman tower lima Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/9).

 

Kasus covid-19 di DKI Jakarta menujukkan peningkatan masif setelah PSBB transisi diberlakukan sejak 5 Juni 2020. Bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dempat memprediksi jika angka kasus covid-19 terus meningkat maka pada 17 September mendatang kamar isolasi rumah overload penuh dan tidak dapat lagi menampung pasien positif covid-19 sehingga dapat berimbas pada meningkatnya angka kematian.

Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI)  mengatakan pihaknya siap dilibatkan untuk melayani pasien covid-19. "Kami telah melakukan pendekatan kepada pimpinan daerah dan dinas kesehatan untuk lebih banyak melibatkan RS swasta dalam melayani pasien," kata Ketua ARSSI Susi Rusli, Sabtu (12/9).

Baca juga: IDI Sebut 83% Nakes Kelelahan Tangani Covid-19

Hal ini menurutnya, tentu harus dibuatkan surat keputusan oleh pimpinan daerah di beberapa provinsi. Ia juga merekomendasikan agar rumah sakit mempersiapkan tenaga kesehatan seperti perawat, dokter dan sebagainya agar untuk siap menerima pasien, termamsuk kapasitas tempat tidur untuk pasien. "Diharapkan rumah sakit swasta dapt menambah kapasitas tempat tidur sejalan dengan jumlah pasien covid yang meningkat," lanjutnya.

Dari sisi pemerikaan, Susi juga berharap pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) dipercepat karena akan membantu pihaknya dalam meningkatkan case finding covid-19.

Tak hanya itu, Susi pun merekomendasikan BPJS Kesehatan/Kementerian Kesehatan mempercepat pula tagihan klaim covid. "Hal ini akan membantu cashflow RS untuk membeli APD dan obat-obatan," jelasnya.

Terakhir, ia berharap masyarakat memberikan spirit dan motivasi kepada para tenaga kesehatan yang sudah bekerja. (H-3)

Baca Juga

Ist

Untar Salah Satu Universitas Terbaik di Wilayah DKI Jakarta 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 09:34 WIB
Prestasi tersebut  berdasarkan hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2020. Sebelumnya, Untar diumumkan menempati peringkat ke-31...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Klaster Pendidikan Dicabut dari RUU Ciptaker

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 25 September 2020, 06:20 WIB
Peran pemerintah dalam mereformasi distribusi dana BOS sudah tepat dengan mengedepankan prinsip keadilan bukan dihitung berdasarkan jumlah...
ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Surat Nikah Inggit-Soekarno Dijual

👤Ant/H-1 🕔Jumat 25 September 2020, 06:10 WIB
Arsiparis dari Dispusip Kota Bandung, Juni Akbar, menyarankan hal tersebut karena dokumen surat dari tokoh pendiri bangsa itu memiliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya