Sabtu 12 September 2020, 11:30 WIB

Kasus Covid-16 di Australia Terus Menurun

Sri Purwandhari | Internasional
Kasus Covid-16 di Australia Terus Menurun

AFP/WILLIAM WEST
Warga berolah raga di St Kilda Beach Melbourne pada 3 September 2020

 

Kematian terkait virus covid-19 di Australia mencapai 803 pada Sabtu (12/9), tetapi infeksi harian baru di negara itu terus menurun.

Negara bagian Victoria, pusat wabah covid-19 melaporkan enam kematian baru terkait virus covid-19 selama 24 jam terakhir. Jadi, kini total kasus covid-19 menjadi 716 atau lebih dari 90 persen dari semua kematian di Australia.

Namun, kasus baru di negara bagian terpadat kedua di negara itu terus turun dari puncak, yakni lebih dari 700 dalam satu hari di awal Agustus. Hari Sabtu, dilaporkan 37 kasus baru covid-19. Jumlah ini yang terendah sejak akhir Juni.

Namun, sekarang Victoria menyumbang sekitar 75 persen dari lebih dari 26.500 kasus covid-19 di negara itu. Ibu kotanya, Melbourne, telah lockdown selama berminggu-minggu.

Lockdown, yang awalnya berakhir pada hari Minggu, telah diperpanjang selama dua minggu lagi.

Baca juga: Kematian Global Covid-19 Capai 910.300 Orang

"Anda hanya dapat mempertahankan angka-angka tetap rendah jika Anda pertama kali menurunkannya ke tingkat yang sangat rendah," kata Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews dalam jumpa pers yang disiarkan televisi.

"Itulah yang sebenarnya terjadi dan itu kabar baik. Di luar sana ada tantangan dan saya tahu ini sulit, tetapi strategi kami berhasil," lanjutnya.

New South Wales melaporkan enam kasus baru covid-19. Ada beberapa kasus yang terisolasi di Queensland dalam beberapa pekan terakhir, tetapi virus covid-19 telah secara efektif dihentikan di negara bagian dan teritori lain.

Australia bernasib lebih baik dibandingkan banyak negara lainnya dalam mengelola krisis kesehatan dan kemerosotan ekonomi. Ini berkat tindakan cepat dan dukungan finansial pemerintah yang substansial. (CNA/OL-14)

Baca Juga

Dok.gigazine

Meretas Parlemen Jerman, Mata-Mata Rusia Disanksi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:15 WIB
Uni Eropa dan Inggris memberlakukan sanks pada perwira senior intelijen Rusia atas dugaan peran mereka dalam meretas jaringan komputer di...
AFP

Tidak Ada Solusi Diplomatik untuk Karabakh

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 01:15 WIB
PERDANA Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengesampingkan solusi diplomatik untuk konflik dengan Azerbaijan atas wilayah...
AFP

Obama Kecam Trump soal Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:50 WIB
MANTAN Presiden Barack Obama mengecam Presiden Donald Trump terkait penanganan pandemi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya