Sabtu 12 September 2020, 10:45 WIB

Pemerintah Afghanistan-Taliban Mulai Pembicaraan Damai Bersejarah

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pemerintah Afghanistan-Taliban Mulai Pembicaraan Damai Bersejarah

AFP
Para tahanan Taliban berjalan usai dibebaskan dari penjara Pul-e-Charkhi di pinggiran Kabul (13/8/2020)

 

Pembicaraan damai pertama antara pemerintah Afghanistan dan Taliban akan dimulai di negara Teluk Qatar, Sabtu (12/9), setelah berbulan-bulan tertunda.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyebut pertemuan itu bersejarah saat dia terbang ke Doha untuk upacara pembukaan. Pembicaraan dimulai setelah kesepakatan keamanan AS-Taliban pada Februari.

Namun, ketidaksepakatan tentang pertukaran tahanan yang kontroversial menghentikan tahap berikutnya, seperti halnya kekerasan di Afghanistan, tempat perang selama empat dekade berada di jalan buntu.

Delegasi pemimpin Afghanistan meninggalkan Kabul menuju Doha pada Jumat (11/9), hari 19 tahun lalu serangan mematikan di AS yang menyebabkan berakhirnya kekuasaan Taliban.

Ketua delegasi, Abdullah Abdullah mengatakan mereka mencari perdamaian yang adil dan bermartabat.

Baca juga: Al-Qaeda Ancam Charlie Hebdo

Pada Kamis, Taliban mengonfirmasi mereka akan hadir, setelah kelompok terakhir yang terdiri dari enam tahanan dibebaskan.

Ini adalah pembicaraan langsung pertama antara Taliban dan perwakilan pemerintah Afghanistan. Para militan sampai sekarang menolak untuk bertemu dengan pemerintah, menyebut mereka tidak berdaya dan 'boneka' AS.

Kedua belah pihak bertujuan untuk rekonsiliasi politik dan mengakhiri kekerasan selama beberapa dekade, yang dimulai dengan invasi Soviet 1979.

Pembicaraan dimaksudkan untuk dimulai pada Maret, tapi berulang kali tertunda oleh perselisihan tentang pertukaran tahanan yang disepakati dalam kesepakatan AS-Taliban Februari, serta kekerasan di negara itu.

Perjanjian AS-Taliban yang terpisah namun terkait menetapkan jadwal penarikan pasukan asing, dengan imbalan jaminan kontraterorisme. (BBC/OL-14)

Baca Juga

AFP

Kasus Baru Covid-19 di India di atas 90 ribu per Hari

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 17:40 WIB
INDIA mengonfirmasi 93.337 kasus covid-19 baru selama 24 jam terakhir. Rekor ini menandai hari keempat berturut-turut lebih dari 90.000...
dok.mi

Kematian Akibat Covid-19 di AS akan Tembus 200 ribu Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:10 WIB
AMERIKA Serikat (AS) akan melampaui 200 rbu kematian akibat virus korona baru (covid-19) dalam beberapa hari...
Antara

Alasan Covid-19, Tiongkok Larang Seafood dari Eksportir Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:35 WIB
EKSPORTIR makanan laut Indonesia kini dilarang masuk ke negeri tirai bambu tersebut. Alasannya, pemerintah Tiongkok menemukan virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya