Sabtu 12 September 2020, 05:36 WIB

Leeds United Datang Kembali!

Dewan Redaksi Media Group Suryopratomo | Sepak Bola
Leeds United Datang Kembali!

SENO
Dewan Redaksi Media Group Suryopratomo

 

WAKTU 16 tahun absen di Liga Primer jelas merupakan masa yang terlalu lama bagi klub seperti Leeds United. Apalagi, jika kita mengikuti satu abad perjalanan panjang klub ini.

Dari sana pernah dilahirkan bintang besar sepak bola Inggris seperti Jack Charlton yang ikut membawa St George Cross merebut Piala Dunia 1966. Ada pula kiper David Seaman, Rio Ferdinand, Ian Rush, atau Denis Irwin.

Pelatih-pelatih kenamaan juga pernah memegang klub yang dijuluki ‘Burung Merak’ itu. Kita sebut, misalnya, pelatih Inggris di Piala Eropa 1996 Terry Venables atau Don Revie dan Brian Clough.

Tidak usah heran apabila ketika Leeds memenangi EPL Championship musim lalu dan berhak promosi ke Liga Primer, para pendukung mereka mengalami histeria. Pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa, dielu-elukan sebagai pahlawan dan didaulat untuk terus menangani The Whites.

Bielsa memang dikenal sebagai pelatih bertangan dingin. Ia memimpin Tim Nasional Argentina merebut medali emas Olimpiade Athena 2004. Itu merupakan emas pertama yang pernah diraih Argentina selama 52 tahun mengikuti Olimpiade, sekaligus menjadi negara Amerika Latin kedua setelah Uruguay yang menjuarai cabang sepak bola di Olimpiade 1928.

Bukan hanya itu, Bielsa melahirkan bintang-bintang muda andalan Argentina, seperti Carlos Tevez, Javier Mascherano, dan Javier Saviola.

Tangan dingin Bielsa dibuktikan lagi ketika membawa Tim Nasional Cile lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ketika itu, pendukung Cile sampai meneriakkan ‘Bielsa jangan pergi’ karena pelatih asal Argentina itu berhasil membangun sepak bola Cile yang kuat dengan bintang-bintang muda, seperti Alexis Sanchez, Arturo Vidal, dan kiper Claudio Bravo.

Dengan materi pemain itulah Cile kemudian menjelma menjadi kekuatan sepak bola yang disegani di Amerika Latin. Puncaknya terjadi lima tahun kemudian ketika mereka menjuarai Copa America.

Pelatih Manchester City Josep Guardiola mengakui Bielsa sebagai pelatih yang mempunyai ketajaman dalam melihat bakat pemain. “Setiap pemain yang ia pegang pasti menjadi pemain yang lebih baik. Tidak hanya itu, Bielsa juga mampu membangun tim menjadi lebih hebat. Wajar apabila ia dikenal sebagai pelatih yang spesial dan juga orang yang spesial,” puji Guardiola.

Diuji Liverpool

Kekuatan Bielsa dalam membentuk pemain dan membangun tim akan mulai diuji malam ini. Pembuka an Liga Primer musim ini langsung mempertemukan dua tim juara. Sebagai juara EPL Championship, Leeds akan bertandang ke Anfield untuk bertemu juara bertahan Liga Primer, Liverpool.

Bielsa sudah mempersiapkan untuk membuat kejutan besar. Ia mendatangkan penyerang nasional Spanyol, Rodrigo Moreno Machado, dari Valencia. Penyerang berusia 29 tahun ini akan mengisi posisi ujung tombak yang sebelumnya ditempati Patrick Bamford.

Dengan pola 4-1-4-1 yang menjadi kesukaannya, Bielsa menempatkan Kalvin Phillips sebagai gelandang bertahan di depan empat pemain belakang. Kehadiran pemain asal Freiburg, Robin Koch, yang dibeli dengan harga 11,7 juta pound sterling akan memperkuat jantung pertahanan.

Koch akan berpasangan dengan Liam Cooper untuk menjaga keseimbangan barisan pertahanan. Tugas berat harus dipikul dua bek sayap Luke Ayling dan Stuart Dallas. Mereka bukan hanya harus mengawasi gerakan dua penyerang sayap Sadio Mané dan Mohamed Salah, melainkan juga dua bek sayap Liverpool yang sangat agresif, Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold.

Karena itulah, Bielsa mengharapkan empat pemain gelandang ikut mengawasi gerakan dua bek sayap ‘si Merah’. Terutama pemain paling kawakan Pablo Hernandez ditugasi untuk mengatur rekan-rekannya. Pengalaman yang segudang membuat usia 35 tahun itu tidak akan menghadapi kendala untuk mengatur permainan tim.

Ia akan didampingi Mateusz Klich untuk beraksi di bagian tengah. Sementara itu, Jack Harrison dan Helder Costa bermain lebih ke samping untuk mengawasi gerakan Andy Ro bertson dan Alexander-Arnold.

Bielsa berharap, kiper muda asal Prancis Illan Meslier tidak gugup dalam debutnya di Liga Primer. Di usia yang masih 20 tahun, Meslier menjadi harapan di masa depan. Kehadiran para pemain senior bisa menambah keyakinan Meslier untuk menahan gempuran para penyerang Liverpool yang haus gol.

Legenda ‘si Merah’, Jamie Carragher, mengingatkan para juniornya untuk berhati-hati. Leeds mempunyai Bielsa yang dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia.

“Saya tidak sabar untuk me- lihat apa yang dilakukan Bielsa di Leeds. Namun, saya percaya ada sesuatu yang spesial, sesuatu yang berbeda di sana. Saya senang Leeds sudah kembali ke Liga Primer karena kita mengharapkan hadirnya banyak tim besar di sini,” ujar Carragher.

Cedera

Liverpool yang begitu digdaya di musim lalu harus membangun sebuah tim baru di pertandingan pembukaan. Pelatih Juergen Klopp masih dipusingkan belum pulihnya bek kanan Alexander-Arnold dari cedera. Satu lagi yang juga dibalut cedera ialah kapten kesebelasan, Jordan Henderson. Namun, sangat mungkin ia sudah bisa bermain malam ini.

Untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Alexander-Arnold, Klopp mungkin menunjuk pemain kawakan James Milner. Namun, pelatih asal Jerman itu masih harus berpikir juga untuk menugasi Milner mengisi tempat gelandang Georginio Wijnaldum yang sedang diincar Barcelona.

Memang, Liverpool masih memiliki Naby Kieta yang bisa mengisi tempat Wijnaldum. Namun, kalau Milner yang dipercaya mendampingi Henderson dan Fabinho, posisi bek kanan akan diberikan kepada pemain muda asal Wales, Neco Williams.

Absennya Alexander-Arnold bukan hanya membuat barisan belakang mudah diterobos pemain lawan, melainkan juga ‘si Merah’ kehilangan daya serang. Praktis hanya Andy Robertson yang bisa beraksi dari sayap kiri sehingga pilihan terhadap Milner diharapkan bisa membuat serangan dari sayap lebih seimbang, kiri dan kanannya. Center-back Virgil van Dijk masih harus mengembalikan lagi kemampuan sebagai pemain bertahan terbaik Liga Primer. Dalam beberapa uji coba yang dilakukan, gawang Alisson Becker mudah dijebol lawan karena kelemahan di jantung pertahanan. Joe Gomez yang menjadi andalan pendamping Van Dijk harus pula meningkatkan kemampuan untuk menutup lubang di jantung pertahanan. Kelengahan kecil yang terjadi akan mudah dimanfaatkan penyerang Leeds, Rodrigo.

Di barisan depan, ujung tombak Roberto Firmino belum menemukan permainan terbaiknya. Padahal, ia menjadi andalan untuk menjadi the false nine. Dengan posisinya yang lebih bebas, penyerang asal Brasil itu bisa memberikan ruangan bagi baik Mane maupun Mo Salah untuk mencetak gol. Dengan catatan menang 25 kali dari 26 penampilan di Anfield musim lalu, Liverpool dijagokan untuk melanjutkan tren kemenangan mereka. Setelah mencatatkan sejarah pertama kalinya memenangi Liga Primer, ‘si Merah’ berambisi untuk mencetak repeat di musim ini.

Namun, Bielsa tidak gentar sedikit pun untuk membawa timnya ke kandang Liverpool. “Anfield itu angker kalau ada penontonnya, khusus di tribune The Kop. Namun, pertandingan kali ini tetap tidak ada penonton sehingga tidak perlu ada yang ditakuti,” kata pelatih yang dijuluki el Loco atau ‘Orang Gila’ di Argentina itu.

Kita tunggu saja hasilnya, siapa di antara keduanya yang sesungguhnya juara.

Baca Juga

Antara

Semula Oktober, Liga 1 Diundur ke November 2020

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 29 September 2020, 16:45 WIB
KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan Liga 1 batal digelar sesuai jadwal semula yaitu pada 1 Oktober mendatang. PSSI berharap...
ANTARA

Menpora Apresiasi Penundaan Liga 1 dan Liga 2

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 29 September 2020, 15:56 WIB
Lanjutan Liga 1 musim 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Sementara Liga 2 2020 sebelumnya...
AFP/Paul ELLIS

Pertahanan Liverpool Disebut Rapuh, Klopp tidak Terima

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 September 2020, 12:43 WIB
Kemenangan atas Arsenal membuat Liverpool mengikuti jejak Everton dan Leicester yang mengumpulkan sembilan poin penuh dalam catatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya