Jumat 11 September 2020, 23:30 WIB

Polisi Harap Hadi Pranoto Jalani Pemeriksaan Pekan Depan

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Polisi Harap Hadi Pranoto Jalani Pemeriksaan Pekan Depan

Antara/ Arif Firmansyah
Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi Covid-19

 

KEPALA Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus mengatakan menjadwalkan pemeriksaan untuk Hadi Pranoto terkait kasus dugaan penyebaran hoaks obat Covid-19. Polisi telah berkoordinasi dengan pengacara Hadi Pranoto dan menjadwalkan pemeriksaan pada pekan depan.

"Ini masih kita koordinasikan dengan pengacaranya lagi untuk bisa dilakukan pemeriksaan kembali. Mudah-mudahan minggu depan yang bersangkutan bisa koperatif untuk kita lakukan pemeriksaan," kata Yusri, ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/9).

Baca juga: Ada Aktor Baru dalam Perkara Pinangki, Kejagung Cari Keberadaannya

Sebelumnya, Hadi Pranoto telah mendatangi Polda Metro Jaya untuk diperiksa pada Selasa (8/9) siang hingga pukul 19:00 WIB. Namun, pemeriksaan itu tidak dijalaninya hingga selesai, karena Hadi mengaku sakit. Hadi pun meminta pemeriksaannya diundur.

"Kemarin sudah kita lakukan pemeriksaan kepada saudara HP, tapi sekitar 19.00 yang bersangkutan mengeluh sakit lagi dan diminta untuk diundur pemeriksaannya," kata Yusri.

Yusri mengatakan menunggu kondisi Hadi Pranoto membaik untuk melanjutkan pemeriksaan. Keterangan dari Hadi Pranoto diperlukan untuk pengembangan lebih lanjut. Sejauh ini, polisi belum menetapkan tersangka, karena belum mengumpulkan keterangan dari terlapor, yakni Anji dan Hadi Pranoto.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah dua kali memanggil Hadi Pranoto untuk diperiksa. Namun, pemeriksaan urung terjadi. Pertama, karena Hadi tidak bisa hadir karena sakit. Sedangkan pemanggilan kedua, ia sudah hadir namun tak bisa menjalani pemeriksaan karena sakit.

Seperti diketahui, Hadi Pranoto dan Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Cyber Indonesia terkait dugaan penyebaran berita bohong obat Covid-19 melalui kanal youtube milik Anji, Dunia Manji.

Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid menjelaskan konten yang ditayangkan di kanal YouTube pada Sabtu, 1 Agustus 2020 tersebut berpotensi memicu polemik di tengah masyarakat.

Baca juga: Pengamat: Polri Gandeng Preman Tunjukkan Kemampuan Polri Minimalis

Konten yang diunggah Anji tersebut memuat penyataan Hadi Pranoto yang mengklaim sebagai pembuat herbal antibodi Covid-19.

Selain itu, ada pernyataan lainnya Hadi yang dinilai menuai polemik, yakni soal tes cepat dan dan tes usap Covid-19. Hadi mengaku memiliki metode uji yang jauh lebih efektif dengan harga Rp10 hingga Rp20 ribu menggunakan teknologi digital. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Penundaan Pilkada Jangan Tergesa-gesa

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 20 September 2020, 22:35 WIB
"Jika langsung menunda tanpa ada usaha, ini terkesan terlalu pasrah dan ingin menghindar dari...
Kemenko Polhukam

Syekh Ali Jaber Sambangi Kediaman Mahfud

👤Cahya Maulana 🕔Minggu 20 September 2020, 21:13 WIB
Mahfud berharap kunjungan dan silaturahmi seperti ini bisa saling memberi pengertian dan pemahaman dalam membangun dakwah islam di...
Medcom.id/Nur Azizah

DPRD DKI Belum Terima Draft Perda PSBB

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 20 September 2020, 19:45 WIB
Perda PSBB memang dianggap sah dan bagus diupayakan. Mengingat pandemi ini akan berlangsung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya