Jumat 11 September 2020, 20:09 WIB

Festival Kreatif & Seni Jakarta, Kembangkan UKM di Tengah Pandemi

mediaindonesia.com | Megapolitan
Festival Kreatif & Seni Jakarta, Kembangkan UKM di Tengah Pandemi

Ist
Batik Betawi turut hadir di Festival Kreatif dan Seni Jakarta (FKSJ) yang dilaksanakan pada 11-13 September 2020.

 

DALAM rangka mendukung Program Pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Kreatif dan Seni Jakarta (FKSJ) yang dilaksanakan pada 11-13 September 2020.

Acara ini bertujuan untuk mendorong perluasan akses pasar, akses keuangan serta digitalisasi bagi UMKM melalui implementasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di era pandemi. Rangkaian acara terdiri dari expo online, capacity building, fashion show, dan business matching. 

Setelah Opening Ceremony yang berlangsung pada Jumat (11/9/2020), acara dilanjutkan dengan rangkaian webinar ekonomi kreatif goes digital, story telling survival in pandemic era, talkshow pariwisata dan usaha kecil dan menengah (UKM) di era pandemi, dan expo live produk UKM.

Lily sebagai fashion designer dan founder dari Elemwe turut berperan dalam acara ini. Dengan membuat desain batik yang digunakan untuk fashion show virtual. Salah satu tujuan kontribusi dalam kegiatan ini adalah mempromosikan dan memperkenalkan  para pengrajin Batik Betawi Tambora di Jakarta Barat.

 "Pembatik Jakarta atau Betawi di Rusun Tambora  menjadi salah satu binaan Elemwe yang sudah menghasilkan beberapa desain dan salah satu desain batik terpilih dan  digunakan oleh Bank Indonesia sebagai desain background," jelasnya.

"Beberapa kain karya mereka digunakan juga dalam pembuatan busana yang akan digunakan oleh salah satu nara Sumber pada cara tersebut dan akan ditampilkan saat Fashion Show Virtual," ujar Lily Mariasari selaku pembina Komunitas Batik Betawi Rusun Tambora

Sebagai fashion designer yang saat ini gencar mempromosikan Batik Betawi, Lily berharap acara ini bisa berlangsung kembali di tahun-tahun berikutnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Minol Oplosan Beredar via Daring

👤Tkb/Put/J-1 🕔Senin 28 September 2020, 04:45 WIB
Pesanan via aplikasi itu dibayar melalui transfer ke akun virtual sebuah bank swasta dan barangnya diantar hingga di depan pintu...
MI/KISAR RAJAGUKGUK

Pemkot Biarkan Bangunan tanpa IMB

👤KG/J-1 🕔Senin 28 September 2020, 04:30 WIB
Warga menyebut Pemkot Depok tidak punya nyali menghentikan pembangunannya dan...
MI/Andri Widiyanto

Musim Hujan, Daya Tampung Waduk dan Sungai di DKI Ditingkatkan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 23:14 WIB
"Sampai dengan Desember ini kami akan menaikkan kapasitas sungai dan saluran kurang lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya