Jumat 11 September 2020, 19:15 WIB

162 Hotel dan Restoran Tunggu Verifikasi Laik Operasional di DIY

Ardi T Hardi | Nusantara
162 Hotel dan Restoran Tunggu Verifikasi Laik Operasional di DIY

Antara
Pengunjung menunggu pesanan makanan di Food Court di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat dengan menerapkan protokol Covid.

 

SEBANYAK 162 hotel dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditargetkan selesai diverifikasi kelayakan operasional hingga akhir September 2020.

Ketua Satgas COVID-19 BPD PHRI DIY Heryadi Bain menjelaskan, verifikasi ini diharapkan dapat meyakinkan tamu hotel dan restoran, tempat yang dikunjungi menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Setiap hotel dan restoran yang telah diverifikasi akan mendapatkan surat rekomendasi dan stiker sebagai jaminan kelayakan hotel.

"Apabila suatu saat mereka melanggar ketentuan SOP (standard operational procedure), kami langsung menarik kembali surat itu," kata dia, Jumat (11/9). Hotel atau restoran tersebut akan dibina hingga protokol kesehatan dijalankan lagi secara baik.

Protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan demi memberi jaminan kesehatan, kenyamanan, dan keamanan bagi para tamu. "Ini wujud komitmen kami untuk membangkitkan lagi pariwisata di Yogyakarta," jelas dia.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan, 162 hotel dan restoran di DIY, dari 400 yang ada, telah beroperasi kembali. Namun, belum semuanya diverifikasi dan ditargetkan bisa diverifikasi bulan ini.

"Protokol kesehatan harus mutlak dilaksanakan dulu. Kalau belum siap, jangan buka," jelas dia.

Kehati-hatian mutlak dibutuhkan agat tidak muncul klaster penularan Covid-19 di hotel dan restoran. Verifikasi dilakukan PHRI bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Dinas Pariwisata. (OL-13)

Baca Juga: RSUD Wangaya Denpasar Penuh Pasien Covid-19

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

5.772 Orang Terjaring Operasi Masker di Klaten

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 28 September 2020, 09:51 WIB
Operasi masker di Klaten digelar sejak 1 Juli lalu dan hingga kini sudah terjaring 5.772 pelanggar. Mereka dihukum kerja sosial dan...
MI/Martinus Solo

Jalan Trans Sorong-Tambrauw Rusak Berat

👤Martinus Solo 🕔Senin 28 September 2020, 09:41 WIB
Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem, menyurati pihak terkait untuk segera memperbaiki jalan...
MI/Martinus Solo

Gubernur Papua Barat Ingatkan Netralitas ASN

👤Martinus Solo 🕔Senin 28 September 2020, 09:18 WIB
Terdapat kekosongan jabatan di lima kabupaten, Provinsi Papua Barat, akibat pertarungan di pilkada pada 9 Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya