Jumat 11 September 2020, 16:01 WIB

BI: Perkiraan Inflasi September 0,92 %

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BI: Perkiraan Inflasi September 0,92 %

Ilustrasi
Inflasi

 

BANK  Indonesia (BI) menegaskan bahwa inflasi berada pada level yang rendah dan terkendali. Hal tersebut terlihat berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu II September 2020, perkembangan harga pada bulan September 2020 diperkirakan deflasi sebesar 0,01% (mtm). 

"Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi September 2020 secara tahun kalender sebesar 0,92% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,46% (yoy)," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dilansir dari keterangan resmi, Jumat (11/9).

Lebih lanjut, penyumbang utama deflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas telur ayam ras dan bawang merah masing-masing sebesar -0,03% (mtm), daging ayam ras sebesar -0,02% (mtm), jeruk, cabai merah, cabai rawit, dan emas perhiasan masing-masing sebesar -0,01% (mtm).

Baca juga :  Kepanikan Investor Sebabkan IHSG Terperosok Dalam

Sementara itu, komoditas penyumbang inflasi yaitu bawang putih dan minyak goreng masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

Onny menegaskan bahwa BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

"Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, juga menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Enis Efizudin

RUU Cipta Kerja Diharapkan Dapat Membangkitkan Daya Saing Daerah

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 22 September 2020, 19:56 WIB
Kabupaten Temanggung yang merupakan daerah agraris dan terletak pusat Pulau Jawa daerah pegunungan, potensi seni dan budaya yang luar biasa...
Dok. Pribadi

Dorong Peningkatan Daya Saing Daerah Lewat Daya Saing Award

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 22 September 2020, 19:53 WIB
Penghargaan itu diharapkan membuat pemerintah pusat selaku pembuat kebijakan, sektor usaha, para professional, maupun publik yang lebih...
ANTARA

IPC Raih Penghargaan BUMN Marketeers Awards 2020

👤Widhoroso 🕔Selasa 22 September 2020, 19:41 WIB
Penghargaan ini menjadi indikasi bahwa IPC telah menerapkan strategi-strategi branding dan marketing yang baik serta melakukan inovasi dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya