Jumat 11 September 2020, 14:49 WIB

152 UMKM Jakarta Raih Dana Kredit PEN

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
152 UMKM Jakarta Raih Dana Kredit PEN

Antara
UMKM

 

SEBANYAK 152 UMKM di Jakarta bakal mendapat kucuran kredit pinjaman modal dana pemulihan ekonomi nasional (PEN)

Asisten Sekda DKI Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati mengatakan, UMKM tersebut telah memiliki izin UMKM dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP (PMPTSP) DKI Jakarta.

"Total investasi yang sudah diajukan mencapai Rp38,8 miliar dan ini akan terus bertambah karena pengajuan masih terus dibuka," kata Sri dalam agenda peresmian pemberian akta kredit, pembentukan koperasi dan pemberian izin UMKM secara virtual pada Jumat (11/9).

Sementara itu, guna mempercepat pemulihan ekonomi, Pemprov DKI juga mendorong percepatan penerbitan izin bagi UMKM dengan layanan antar jemput izin bermotor (AJIB).

Sejak program ini diluncurkan pada 6 Juni lalu hingga data per 8 September tercatat sudah ada 43.950 izin UMKM yang diterbitkan. Sehingga totalnya di 2020 ini sudah ada 50.905 izin UMKM yang diterbitkan.

Baca juga : 2,5 juta KK Dapat Bansos Saat Jakarta Kembali PSBB

Dengan penerbitan izin ini, UMKM dapat menjadi usaha yang 'bankable' atau akan mampu memperoleh dana pinjaman dari bank untuk membesarkan usaha mereka.

Bank DKI oleh Pemprov DKI Jakarta mendapatkan suntikan dana sebesar Rp2 triliun dari total dana PEN yang dipinjam dari PT SMI sebesar Rp12,5 miliar.

Keseluruhan dana tersebut difokuskan untuk menyuntik modal kepada para usaha khususnya UMKM yang sangat terdampak pandemi.

"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Pemprov DKI kepada kami. Kami pun berkomitmen untuk terus menyalurkan dana ini untuk pemulihan ekonomi," kata Direktur Kredit UKM dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi dalam kesempatan yang sama.(OL-2)

 

Baca Juga

Medcom.id/Christian

Ratusan Kios di Pasar Cempaka Putih Terbakar

👤Put/Ant/J-2 🕔Jumat 25 September 2020, 06:25 WIB
Api diduga berasal dari salah satu kios pemotongan ayam yang berada di dalam...
Antara/Aditya Pradana Putra

Masyarakat Pasar Abai Jaga Jarak

👤Ssr/Ata/J-2 🕔Jumat 25 September 2020, 06:20 WIB
Menurut survei, komunitas pasar di wilayah Jabodetabek sejauh ini menghadapi tiga tantangan utama dengan 85% responden mengaku tidak...
Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

DPR Curigai Petugas Kebersihan

👤Uta/Ykb/J-1 🕔Jumat 25 September 2020, 06:13 WIB
Arteria juga mempertanyakan rekening petugas kebersihan itu yang memiliki saldo Rp100...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya