Jumat 11 September 2020, 03:25 WIB

Pelindo I Promosikan Pelabuhan Perawang

Yakub Pryatama | Ekonomi
Pelindo I Promosikan Pelabuhan Perawang

ANTARA FOTO/FB Anggoro
Sejumlah pekerja beraktivitas membongkar muat peti kemas di Pelabuhan Pelindo I Perawang di Kabupaten Siak, Riau.

 

PT PELABUHAN Indonesia I (Persero) saat ini sedang mendekati dua perusahaan terkemuka industri serat, pulp, dan kertas global yang beroperasi di Riau untuk pemanfaatan Pelabuhan Perawang.

Hal itu, kata I Wayan Wirawan, General Manager Pelindo I Cabang Pekanbaru, sebagai bagian dari upaya perusahaan mencapai target rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) 2020, yang salah satunya adalah intensifi kasi layanan cargo handling, baik untuk general carg maupun peti kemas.

“Untuk layanan bongkar muat peti kemas, kami terus melakukan pendekatan dan koordinasi dengan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP),” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/9).

Pelindo I menawarkan dua perusahaan tersebut jasa muat empty container melalui Pelabuhan Perawang. Wayan meyakini kegiatan muat empty container di pelabuhan tersebut akan memberikan efisiensi dan mampu menekan biaya logistik bagi kedua perusahaan tersebut.

Pelindo I Pekanbaru juga terus melakukan pendekatan ’door to door’ ke para pemilik barang dan kapal agar melakukan kegiatan bongkar muat general cargo di Pelabuhan Perawang. “Misalnya, bongkar muat pupuk atau besi proyek yang selama ini dilakukan di Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) maupun di pelabuhan lain, Pelindo I mengajak pemilik barang untuk melakukannya di Pelabuhan Perawang,” ujarnya.

Selain layanan cargo handling, strategi intensifikasi usaha juga dilakukan dalam bentuk marine services dengan bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

“Ini dilakukan untuk meningkatkan layanan jasa pemanduan dan penundaan terhadap kapal-kapal yang melewati Sungai Siak karena wilayah tersebut merupakan perairan wajib pandu,” terangnya.

Pelindo I pun akan terus melakukan pendekatan personal yang intens pada para pemilik kapal yang melewati perairan tersebut.

Perusahaan akan menawarkan sistem Inaportnet, sebuah sistem layanan tunggal berbasis internet yang mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan.

“Pelindo I juga menyediakan Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) demi menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran,” ujar Wayan.

Dengan strategi itu, ia optimistis pihaknya mampu mencapai, bahkan melebihi target RKAP tahun 2020 yang telah ditetapkan.

“Kami optimistis dapat mencapai target, meski di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Ditambah lagi ada kecenderungan pertumbuhan arus barang pada semester dua tahun ini,” ujarnya.

Sampai dengan Juli 2020, pendapatan usaha Pelindo I Pekanbaru sudah menyentuh angka Rp77,029 miliar. (YP/E-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Bank Mandiri Dorong Mahasiswa Memulai Bisnis

👤Heryadi 🕔Rabu 23 September 2020, 16:59 WIB
Bank Mandiri terus mendorong mahasiswa agar lebih terbuka wawasannya mengenai dunia perbankan, transaksi digital dan financial technology...
ANTARA

Di Pertemuan G20, Mendag: Indonesia Sudah Batasi Ekspor Masker

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 23 September 2020, 16:13 WIB
Para Menteri Perdagangan G20 menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat perdagangan dan investasi internasional serta mendorong reformasi...
Antara

Pengumuman, Ada Diskon Kereta 25% Mulai 28 September

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 23 September 2020, 14:22 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon tiket sebesar 25% mulai 28 September...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya