Jumat 11 September 2020, 02:45 WIB

Menkopolhukam: Kejaksan Terlecut Buktikan Diri

FACHRI AUDHIA HAFIEZ | Politik dan Hukum
Menkopolhukam: Kejaksan Terlecut Buktikan Diri

MI/Fransisco Carollio
Jaksa Pinangki

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, tak mempermasalahkan adanya dorongan publik agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil alih perkara yang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung). Hal itu justru menguatkan kinerja penegak hukum.

"Kalau orang mengatakan 'ayo KPK masuk' gitu kan. Kejagung tertantang untuk mengatakan 'saya akan membuktikan bahwa saya bisa'," kata Mahfud dalam program Newsmaker yang dipandu Direktur Utama Lampung Post Abdul Kohar, kemarin.

Mahfud mengatakan, pengambilalihan perkara tidak bisa sembarangan. Selama penegak hukum itu tidak melakukan suatu kesalahan, perkara masih bisa dilanjutkan untuk ditangani. "Karena Kejagung sebenarnya tidak ada sesuatu yang fatal kesalahan di situ, semuanya berjalan," ujar Mahfud.

Desakan untuk mengambilalih kasus jaksa Pinangki Sirna Malasari dari Kejagung ke KPK sempat menguat di kalangan publik. Ambil alih kasus itu dinilai untuk menjaga objektivitas penanganan perkara.

Mahfud menilai, KPK cukup dilibatkan dalam kegiatan ekspose perkara. Giat melibatkan Lembaga Antirasuah itu untuk memastikan bahwa penanganan perkara oleh Kejagung sesuai koridor.

"KPK diundang sudah benar apa enggak, mana yang kurang dan seterusnya. Itu sudah bagus, tidak ada yang disembunyikan. Saya dengar Kejagung ingin membuktikan bahwa 'kami bekerja benar' itu," ujar Mahfud. (Medcom.id/OL-4)

Baca Juga

Dok.MI

Presiden Ajak Umat Satu Barisan Hadapi Pandemi Covid-19

👤Dhika kusuma winata 🕔Jumat 18 September 2020, 17:25 WIB
Ikhtiar dhohir yang dimaksud Presiden antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan...
ANTARA

Positif Covid-19, Ketua KPU RI Bekerja dari Rumah

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 18 September 2020, 17:15 WIB
KPU pun menerapkan kebijakan bekerja dari rumah kepada para pegawai mulai 18 hingga 22 September...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Penindakan Protokol Kesehatan di Pilkada Akan Lebih Tegas

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 18 September 2020, 16:40 WIB
Seluruh peserta rapat menyepakati perlu ketegasan dan konsistensi penindakan pelanggaran dalam rangka penegakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya