Jumat 11 September 2020, 03:15 WIB

Empat Kandidat Juara Baru

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Empat Kandidat Juara Baru

AFP
Petenis Belarus Victoria Azarenka mengembalikan bola ke arah pemain Belgia Elise Mertens saat tampil di babak perempat final AS terbuka

PETENIS Austria Dominic Thiem kini menjadi calon juara baru tunggal putra Amerika Serikat (AS) Terbuka. 

Kepastian itu didapat setelah dirinya membukukan satu tempat di semifinal seusai mengalahkan petenisAustralia Alex De Minaur 6-1, 6-2, dan 6-4, kemarin WIB.

Selain itu, absennya petenis Swiss Roger Federer dan petenis nomor dua dunia Rafael Nadal serta pendiskualifi kasian petenis nomor satu dunia Novak Djokovic pada babak 16 besar, membuat AS Terbuka bisa menambah nama baru di daftar peraih gelar juara.

“Mungkin tidak ada Novak, Roger, Rafa, tapi ada Daniil (Medvedev), Sascha (Alexander Zverev), dan Pablo (Carreno Busta) mereka adalah tiga pemain luar biasa dan masing-masing dari kami berhak atas gelar pertama ini,” ucap Thiem.

“Kami akan memberikan segalanya. begitu kami melangkah di lapangan, kami akan melupakan tiga lainnya,” katanya lagi. AS Terbuka kini memang bisa menjadi turnamen grand slam pertama yang bisa dimenangkan Thiem, Medvedev, Busta, dan Zverev. Thiem sebenarnya bisa merasakan nikmatnya mengangkat trofi grand slam jika tidak kalah di Australia Terbuka awal tahun ini.

Sementara itu, Medvedev nyaris jadi juara AS Terbuka pada tahun lalu. Petenis Rusia itu kalah dari Nadal di partai puncak. Adapun pencapaian terbaik Busta di grand slam sebelum tahun ini ialah semifinal di AS Terbuka pada 2017.

Begitu juga dengan Zverev yang baru bisa mencapai semifinal di Australia Terbuka tahun ini. Sehingga semifinal AS Terbuka tahun ini merupakan babak empat besar yang kedua bagi Zverev di seluruh ajang grand slam.

Demi memastikan dapat gelar dari AS Terbuka, Zverev harus bisa menumbangkan Busta di pertandingan pada Sabtu (12/9). Untuk sektor tunggal putri, yang sukses melaju ke semifi nal ialah Serena Williams, Naomi Osaka, Jennifer Brady, dan Victoria Azarenka. 

Dari keempat nama itu, hanya Brady yang belum pernah menjadi juara di turnamen grand slam. Semifinal AS Terbuka kali ini juga yang pertama untuknya. Babak terakhir akan bisa diinjak Brady untuk bisa mendapatkan gelar juara jika bisa mengalahkan Osaka. Hingga berita ini diturunkan, seluruh pertandingan semifinal sektor tunggal putri belum dimulai.


Nadal ke Italia

Setelah lama tidak berkompetisi, Nadal akhirnya bersiap untuk kembal turun gunung. Petenis yang juga berasal dari Spanyol seperti Busta itu disebutkan bakal tampil di Italia Terbuka 2020.

Nadal baru-baru ini terlihat berlatih dengan juara Nitto ATP Finals 2017 Grigor Dimitrov. Nadal yang memilih untuk tidak bertanding di Chincinnati Masters dan AS Terbuka kini akan memburu gelar juara Italia Terbuka yang ke-10.  Seperti diketahui, Italia Terbuka merupakan turnamen tanah liat dan sangat disukai Nadal. “Foro Italico (arena Italian Terbuka) selalu menjadi tempat istimewa bagi saya dan bahkan lebih istimewa lagi pada musim ini, karena itu akan menjadi turnamen pertama saya setelah dalam jangka waktu lama tanpa bertanding,” ungkap Nadal dalam video yang diunggah penyelenggara Italia Terbuka.

Jika berhasil memenangi Italia Terbuka, Nadal akan menjadi satu-satunya petenis yang memenangi setidaknya 10 gelar di empat turnamen yang berbeda. Sejauh ini, Nadal sudah memiliki 12 gelar dari Prancis Terbuka, 11 gelar dari Monte Carlo Terbuka serta Barcelona Terbuka. (BBC/ATP/R-3)
 

Baca Juga

AFP/Marco Bertorello

Julian Alaphilippe Rebut Gelar Juara Dunia Sepeda Jalan Raya

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 28 September 2020, 00:10 WIB
Alaphilippe sukses mengkalkulasi strategi untuk melepaskan diri dari peloton di tanjakan Cirna Gallisterna, 12 km jelang finis di Sirkuit...
AFP/LLuis gene

Menang di Catalunya, Quartararo Makin Mantap di Puncak Klasemen

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 27 September 2020, 23:50 WIB
Kemenangan ini menjadi kemenangan ketiga Quartararo setelah GP Spanyol dan...
Antara

Turnamen Asia Mundur, Indonesia Masters 2021 Terancam Batal

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 23:07 WIB
Turnamen Indonesia Masters 2021 yang menjadi agenda setiap awal tahun terancam batal digelar menyusul mundurnya turnamen seri Asia hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya