Kamis 10 September 2020, 16:49 WIB

Pemerintah Pastikan Anggaran untuk Fasilitas Kesehatan Cukup

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Pemerintah Pastikan Anggaran untuk Fasilitas Kesehatan Cukup

MI/Andri Widiyanto
Petugas kesehatan melakukan swab test kepada warga di Sawah Besar, Jakarta.

 

PEMERINTAH memastikan kecukupan anggaran negara untuk fasilitas kesehatan dalam penanganan kasus covid-19.

"Tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas, karena pemerintah mempunyai dana yang cukup," tegas Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Kamis (10/9).

Airlangga menyebut pemerintah terus meningkatkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain. Itu sebagai bentuk perhatian terhadap kenaikan angka kasus covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Epidemiolog: Kumpul Warga Picu Kemunculan Klaster Keluarga

Peningkatan fasilitas menakup pemanfaatan hotel bintang dua dan tiga, seperti di wilayah Sulawesi Selatan. "Termasuk mempersiapkan ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet. Juga mempersiapkan tower 5 dan 6. Khusus pekerja dari luar negeri itu tower 7 dan 8," imbuhnya.

Selain itu, pemerintah turut menambah jumlah tempat tidur di rumah sakit. Berikut mendorong manajemen rumah sakit di DKI Jakarta untuk memberikan relaksasi. Terutama bagi pasien yang hampir sembuh.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Kapasitas Rumah Sakit Masih Harus Dibenahi

Airlangga memastikan ketersediaan obat di rumah sakit dan untuk pasien isolasi mandiri. Pihaknya memperkirakan bertambah 480 ribu obat pada pekan depan.

Untuk meningkatkan kedisplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pemerintah akan menggandeng TNI dan Polri terkait operasi yustisi.

"Ini tadi sudah dilaporkan juga dalam komite yang melibatkan Wakapolri dan Wakasad. Sehingga ini akan terus dijalankan juga, termasuk di perkantoran," pungkas Airlangga.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Perpustakaan Dua Proklamator bakal jadi Destinasi Wisata Edukatif

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 23:00 WIB
UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, dan UPT Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatra Barat, dijajaki...
ANTARA FOTO/Harviyan

Punya Banyak Pasukan, BKKBN Jadi Koordinator Cegah Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 22:42 WIB
Ketika melakukan pendampingan, petugas BKKBN akan memastikan kehamilan itu benar-benar direncanakan. Sehingga akan lahir anak yang...
MI/Andri Widiyanto

Larangan Penggunaan Plastik Belum Efektif Atasi Masalah Sampah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 22:42 WIB
Selain itu, kemasan yang saat ini menjadi pengganti plastik sekali pakai seperti spunbound atau paper bag juga memiliki lapisan plastik dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya