Kamis 10 September 2020, 12:50 WIB

IDI: Indonesia Harus Siapkan Tambahan Nakes untuk Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
IDI: Indonesia Harus Siapkan Tambahan Nakes untuk Covid-19

Antara/FB Anggoro
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19

 

Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Adib Khumaidi mengungkapkan sudah saatnya Indonesia mengambil langkah antisipasi lebih jauh terkait ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk penanganan covid-19.

"Menurut saya, perlu ada diskusi dengan melibatkan semua stakeholder untuk permasalahan SDM ini karena kita harus ambil langkah antisipasi untuk perkembangan ke depan," kata Adib, Kamis (10/9).

Adib mengakui peningkatan jumlah pasien covid-19 dan terus bertambahnya rumah sakit (RS) rujukan covid-19 tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang ada saat ini. Oleh karena itu, diperlukan perekrutan tenaga kesehatan yang fokus menangani covid-19.

Baca juga: Darurat Tenaga Kesehatan

"Apa yang bisa dilakukan? Substitusi. Kita bisa mengalihkan nakes di RS non-covid untuk bisa diperbantukan di RS covid-19. Kemudian dengan penambahan volunteer juga relawan yang diberikan kompentensi tambahan. Itu yang harus diperhatikan dan disiapkan khusus sesuai kompetensinya di dalam ruang perawatan," bebernya.

Dihubungi terpisah, Anggota Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daniel Wibowo mengungkapkan selain ketersediaan SDM, RS akan berupaya untuk menyediakan ruang pelayanan bagi pasien covid-19.

"Jumlah pasien yang dirawat makin meningkat. Oleh karena itu, PERSI mengimbau rumah sakit untuk menambah kapasitas, dan rumah sakit yang belum melayani pasien covid-19, diimbau untuk mulai membuka pelayanan," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Gigi Hadid Umumkan Kelahiran Anak Pertama

👤MI 🕔Jumat 25 September 2020, 03:15 WIB
MODEL Gigi Hadid, 25, dan mantan personel One Direction Zayn Malik mengumumkan kabar bahagia atas kelahiran putri...
Antara/Irwansyah Putra

Digelar Virtual, FLS2N 2020 Kembangkan Talenta Siswa Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 25 September 2020, 00:08 WIB
Pada masa pandemi Covid-19, siswa mengikuti FLS2N secara daring mengikutsertakan karyanya dari rumah dengan mengunggah karya melalui laman...
Mi/Andri Widiyanto

Asosiasi Travel Sambut Gembira Rencana Arab Saudi Buka Umrah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 24 September 2020, 23:30 WIB
Disisi lain pihak pemerintah Saudi melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyeleksi negara yang diperbolehkan menggelar umrah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya