Kamis 10 September 2020, 12:05 WIB

IDI Dukung Penerapan PSBB Total di Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
IDI Dukung Penerapan PSBB Total di Jakarta

Antara/Raisan Al Farisi
Tenaga medis khusus pasien covid-19

 

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih menyambut positif penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakarta. Menurut Daeng, PSBB memang bisa efektif untuk mengurangi penularan covid-19 bila dilakukan dengan tegas dan optimal.

"PSBB ini bukan hanya semata-mata untuk melindungi tenaga medis ya, tetapi juga masyarakat. Kita tahu penularan di Jakarta ini sehari sudah seribuan dan positivity rate mencapai 13%. Padahal WHO kan menstandarkan agar positivity rate itu kurang dari 5%," kata Daeng, Kamis (10/9).

Menurut data Pemerintah Provinsi DKI, jika PSBB total tak dilakukan, kapasitas rumah sakit (RS) akan penuh pada 15 September.

Baca juga: PSBB Total di Jakarta Dinilai Kurang Efektif

"Saat ini keterisian ICU saja sudah 80%. Lalu keterisian ruang rawat isolasi 70% sekian. Memang kalau tidak, ya lama-lama bisa penuh apalagi penambahan kasus harian sudah seribuan," ujar Daeng.

Jika tak segera ditarik rem darurat, lanjutnya, kapasitas RS akan penuh. Akibatnya warga yang sakit tak bisa ditampung di RS. Hal ini yang dikhawatirkan masyarakat.

"Kasihan saudara-saudara kita yang nanti sakit, tapi tidak bisa dirawat karena RS penuh. Ujungnya angka kematian bisa saja meningkat," papar Daeng.

Ini secara umum, imbuhnya, menjaga kapasitas pelayanan. "Jadi, bukan hanya sekadar melindungi nakes (tenaga kesehatan) agar tidak jadi korban. Tapi memang dengan kondisi saat ini, beban kerja nakes lebih berat. Maka secara keseluruhan, kondisi ini harus dijaga," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Catat, Ini Jadwal Rekayasa Lalin di Tol Jagorawi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:55 WIB
PENGGUNA jalan tol Jagorawi harus mewaspadai adanya kemacetan yang timbul dari rekayasa lalu lintas (lalin) yang dilakukan PT Jasa Marga,...
MI/BRIYANBODO HENDRO

Disnaker Tutup Sementara 37 Perusahaan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 September 2020, 13:04 WIB
Selama lima hari Disnakertrans DKI Jakarta telah menutup 37 perusahaan karena memiliki karyawan terpapar...
MI/Susanto

Tak Gunakan Masker, Puluhan Warga Jakarta Disanksi Kerja Sosial

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 19 September 2020, 12:36 WIB
Puluhan pelanggar PSBB di Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat menerima sanksi kerja sosial selama 60 menit.  Mereka terjaring...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya