Kamis 10 September 2020, 04:28 WIB

Vaksin Merah Putih Kemandirian Bangsa

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Vaksin Merah Putih Kemandirian Bangsa

BIRO PERS SETPRES/LUKAS
Presiden Joko Widodo menerima Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 dengan protokol kesehatan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

PRESIDEN Joko Widodo menaruh harapan besar bagi pengembangan vaksin Merah Putih untuk menangani krisis pandemi covid-19. Selain untuk mempercepat agar masyarakat dapat segera menerima vaksin tersebut, pengembangan vaksin dalam negeri juga menunjukkan
kemampuan dan kemandirian bangsa.

“Penemuan dan produksi vaksin covid-19 ini sangat penting untuk dapat segera menangani krisis kesehatan maupun krisis ekonomi. Kita mampu mandiri dengan vaksin yang kita kembangkan dan kita produksi sendiri,” jelas Presiden ketika menerima Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Pada kesempatan itu, Presiden meminta laporan perkembangan vaksin serta memberikan arahan agar tim mampu bekerja cepat dengan tetap mengikuti prosedur ilmiah yang berlaku. Prosedur ilmiah penting untuk dipenuhi demi menjamin keamanan vaksin.

“Presiden meminta kita bekerja dengan cepat, tetapi tetap mengikuti segala prosedur karena vaksin harus aman tanpa efek samping yang membahayakan, dan vaksin diharapkan akan manjur dan berkhasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh menghadapi covid-19,” ujar Ketua Penanggung Jawab Tim Pengembangan Vaksin Covid- 19 yang juga Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro seusai pertemuan dengan Presiden.

Bambang mengatakan pengembangan bibit vaksin Merah Putih yang dilakukan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman kini prosesnya mencapai 50%. Vaksin diperkirakan bisa memasuki produksi massal pada triwulan IV 2021.

“Perkiraannya triwulan IV 2021 kita bisa produksi dalam jumlah besar dan nantinya melengkapi vaksin covid-19 yang awalnya akan didatangkan pihak luar, terutama Sinovac (Tiongkok) dan G42 (UEA),” ujarnya.

Libatkan swasta

Pada kesempatan itu, Bambang juga menyebutkan pemerintah akan menggandeng perusahaan swasta untuk memproduksi vaksin Merah Putih. Kerja sama dengan swasta disiapkan untuk memenuhi produksi vaksin bagi seluruh masyarakat dengan perhitungan minimal 540 juta dosis.

“Ada kemungkinan pemberian vaksin ini bisa lebih dari sekali untuk setiap individu. Jadi kalau penduduk kita sekitar 270 juta maka yang harus divaksinasi nanti minimal 540 juta, dan ini otomatis membutuhkan kapasitas produksi yang besar,” ungkap Bambang.

Untuk menunjang produksi vaksin, pemerintah menyiapkan perusahaan pelat merah PT Bio Farma agar bisa memproduksi 250 juta dosis per tahun. Selain itu, Bambang menyebutkan ada tiga perusahaan farmasi swasta yang potensial untuk ikut memproduksi vaksin covid-19.

“Sejauh ini sudah ada tiga perusahaan yang potensial, tetapi tentunya mereka harus segera mengurus izin ke Badan POM untuk cara pembuatan vaksin yang baik. Demikian juga mereka harus menyiapkan line of production khusus untuk vaksin covid-19 ini,” ucap Bambang.

Dengan tambahan dari swasta tersebut, pemerintah berharap Indonesia bisa mandiri dalam penyediaan dan pengembangan vaksin covid-19.

Kepala Badan POM Penny Lukito menegaskan pihaknya siap melakukan pendampingan teknis aspek regulatori dalam proses pengembangan vaksin covid-19.

“Badan POM akan memberikan fasilitasi percepatan proses untuk pengembangan dan penelitian vaksin tersebut,’’ tandasnya.

Sementara itu, perusahaan obat AstraZeneca menghentikan uji coba global vaksin covid-19 karena adanya penyakit yang tidak bisa dijelaskan terjadi pada salah satu relawan yang mendapatkan uji vaksin.

“Kami memutuskan melakukan peninjauan kembali proses dan menghentikan vaksinasi agar lebih aman,” ujar perwakilan perusahaan tersebut seperti dikutip dari www.cnnnews.com, kemarin. (Ata/Ind/X-10)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Ditangkapnya Edhy Prabowo akan Pengaruhi Elektabilitas Gerindra

👤Cindy Ang 🕔Kamis 26 November 2020, 08:03 WIB
"Alasannya, sederhana saja, Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto....
Dok MI ROMMY PUJIANTO

Politisi NasDem Tuding Rocky Gerung Fitnah Gerindra

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 06:54 WIB
Rocky menyebut Gerindra akan membalas dendam setelah Edhy Prabowo ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh...
MI/ANDRI WIDIYANTO

KPK Dalami Dugaan Aliran Dana ke Pihak Lain di Kasus Edhy Prabowo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 06:27 WIB
"Tidak tertutup kemungkinan pengembangan selanjutnya pada tahapan selanjutnya bisa saja ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya