Kamis 10 September 2020, 00:07 WIB

Spesialis Pencuri 1.080 Sepeda Motor Dibekuk

Sumantri | Megapolitan
Spesialis Pencuri 1.080 Sepeda Motor Dibekuk

Ilustrasi
Curanmor ditangkap

 

SPESIALIS curanmor yang berhasil menyikat sebanyak 1.080 sepeda motor di areal parkir yang tersebar di Tangerang, dibekuk petugas Polresta Tangerang di wilayah Tangerang, Banten.

Kapolresta Tangerang, Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, kedua pelaku yang diringkus adalan RA, 25 dan RD,30. Mereka sudah beraksi selama 6 tahun. Dalam sehari para pelaku sedikitnya dapat mencuri 2 sampai 3 sepeda motor dan dalam satu bulan rata-rata berhasil mencuri 15 sepeda motor. Para tersangka sudah 6 tahun beraksi, sudah 72 bulan dan ada sekitar 1.080 motor yang sudah dicuri.

"Motor hasil tindak kejahatan dijual para tersangka seharga Rp2-3 juta, maka total keuntungan yang didapatkan sekitar Rp2 miliar,” kata Ade di Polresta Tangerang, Rabu, (9/9).

Ade menambahkan, salah satu tersangka yakni RD merupakan residivis untuk kasus kejahatan yang sama. Tersangka RD, bebas sekitar 7 tahun lalu. Usai bebas, tersangka RD ternyata kembali melakukan tindak kejahatan yang sama. Kata Ade, para tersangka beraksi di wilayah Tangerang Raya, Jakarta, hingga wilayah Serang, Banten.

Dalam melancarkan aksinya, para tersangka hanya membutuhkan waktu 3 detik untuk merusak dan menjebol kunci kontak kendaraan. Kemudian, lanjut Ade, para pelaku ini langsung membawanya.

Baca juga : Batasi Arus Manusia, Anies Koordinasi dengan Pemda Bodetabek

“Sasaran para tersangka adalah sepeda motor yang ada di areal parkir,” ujar Ade.

Lebih Ade mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah kejahatan. Sepeda motor, kata Ade, harus diawasi dan ditambah kunci pengaman tambahan. Selain itu, Ade juga mengimbau masyarakat untuk tidak membeli kendaraan tanpa surat resmi sebab patut diduga hasil kejahatan.

“Yang membeli juga dapat dikenakan pidana karena menadah atau membeli kendaraan hasil curian,” terang Ade.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian kendaraan bermotor, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. Saat ini kedua tersangka masih terus diperiksa secara intensif guna mengungkap sindikat dan mencari barang bukti sepeda motor lainnya.

"Kasus ini masih kami kembangkan untuk mencari barang bukti lain,” kata dia. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Musim Hujan, Daya Tampung Waduk dan Sungai di DKI Ditingkatkan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 23:14 WIB
"Sampai dengan Desember ini kami akan menaikkan kapasitas sungai dan saluran kurang lebih...
MI/Bary Fathahilah

PSBB Diperpanjang, Transjakarta Tetap Jalan Sampai Pukul 19.00

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 21:44 WIB
Layanan Transjakarta  tidak akan mengalami perubahan kendati adanya pengumuman dari Gubernur DKI Anies Baswedan terkait PSBB di...
MI/Ramdani

Jakarta Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Ke Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:57 WIB
BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya