Kamis 10 September 2020, 03:55 WIB

Naomi Osaka Masker Penghormatan

Atalya Puspa | Humaniora
Naomi Osaka Masker Penghormatan

AFP
Petenis Naomi Osaka

 

PERTENIS Naomi Osaka, 22, muncul di pertandingan US Open dengan mengenakan masker bertuliskan George Floyd ketika mengalahkan petenis Amerika Shelby Rogers, kemarin.

Masker tersebut merupakan penghormatan kepada George Floyd yang meninggal akibat dibunuh polisi Mei lalu yang menimbulkan gerakan Black Lives Matter di Amerika Serikat.

Sebelumnya, petenis kelahiran Osaka, Jepang tersebut mengenakan masker bertulisakan Breonna Taylor, tenaga medis yang ditembak mati polisi, Maret lalu, ketika hendak bertanding melawan Misaki Doi. 

Dia mengatakan kepada USA Today bahwa dia membawa tujuh masker ke turnamen tersebut, masing-masing untuk menghormati korban ketidakadilan rasial. Hingga kemarin, ia telah mengenakan masker bertuliskan nama Breonna Taylor, Elijah McClain, Ahmaud Arbery, Trayvon Martin, and Floyd.

“Sangat menyedihkan bahwa tujuh masker tidak cukup mewakili semua nama, jadi mudah-mudahan saya bisa lolos ke final sehingga Anda bisa melihat semuanya,” imbuh Osaka beberapa waktu lalu.

Peristiwa itu terjadi hanya beberapa hari setelah Osaka absen dalam pertandingan. Melalui unggahan akun media sosialnya, Osaka mengaku ia memilih keluar dari pertandingan untuk memprotes penembakan 23 Agustus terhadap Jacob Blake, seorang berusia 29 tahun yang lumpuh dari pinggang ke bawah setelah polisi menembaknya beberapa kali di depan anak kecilnya di Kenosha, Wisconsin.

“Sebelum saya menjadi seorang atlet, saya ialah seorang wanita kulit hitam,” jelas Osaka dalam unggahannya. “Sebagai seorang wanita kulit hitam, saya merasa seolah-olah ada halhal yang jauh lebih penting yang perlu perhatian segera daripada menonton saya bermain tenis,” tukasnya.


Rasisme

Naomi Osaka, seorang pendukung vokal gerakan Black Lives Matter, ialah salah satu dari banyak atlet yang turut mengangkat perhatian publik terhadap kematian dan penembakan orang kulit hitam oleh polisi.

“Saya ingin semua orang tahu bahwa hal itu sebenarnya bisa dihindari. Ini tidak harus terjadi. Tak satu pun dari kematian ini harus terjadi. Bagi saya, saya merasa seperti saya hanya ingin semua orang tahu lebih banyak tentang namanama itu,” ujar Osaka tentang nama-nama yang tertulis pada masker yang ia kenakan.

Juli lalu, ia mengambil bagian dalam protes dan menandatangani petisi setelah kematian George Floyd, dan menyerukan perubahan sistemik dan komitmen budaya terhadap antirasisme.

“Ini sangat berarti bagi saya bahwa masyarakat mulai memahami bahwa kita menghadapi rasisme sistemis secara langsung, bahwa polisi melindungi kita dan tidak membunuh kita,” tulis petenis Asia pertama yang menempati peringkat satu tunggal wanita dunia tersebut.

“Namun, saya juga bangga, atas peran kecil yang saya mainkan dalam mengubah persepsi dan opini. Saya suka membayangkan seorang gadis birasial di sebuah kelas di Jepang yang bersinar dengan bangga saat saya memenangi Grand Slam. Saya sangat berharap taman bermain itu menjadi tempat yang lebih bersahabat untuknya sekarang karena dia dapat menunjukkan sosok panutan dan bangga dengan siapa dia, serta bermimpi besar,” tandasnya. (H-3)
 

Baca Juga

ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Ibu Rumah Tangga Ujung Tombak Tekan Klaster Keluarga

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 25 September 2020, 19:15 WIB
Menteri PPPA mengajak keluarga-keluarga di Indonesia untuk bergotong-royong bersama memerangi pandemi covid-19 dan menekan penularan dalam...
AFP

Hadapi Pandemi Butuh Kerja Sama Seluruh Komponen

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 18:23 WIB
Selain itu, menurut Rerie, pandemi Covid-19 juga berdampak pada peningkatan kekerasan dalam rumah tangga...
Dok Reni Hastari

Periksa Kesehatan Jantung sebelum Bersepeda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 18:11 WIB
Periksakan dulu kondisi jantung misalnya melalui tes EKG atau treadmill untuk mengetahui batas kemampuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya