Rabu 09 September 2020, 22:41 WIB

Masa Pandemi. Perlu Tingkatkan Mitigasi Antisipasi Banjir

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Masa Pandemi. Perlu Tingkatkan Mitigasi Antisipasi Banjir

Ilustrasi
Banjir

 

SETIAP tahun sejumlah daerah di Indonesia selalu dihadapkan dengan ancaman bencana banjir, terutama saat musim penghujan tiba. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mengatakan, adanya pandemi covid-19 akan semakin mempersulit masyarakat yang tertimpa bencana banjir.

“Saat ini kita menghadapi pandemi covid-19, sehingga tantangan itu makin sulit lagi dalam mengelola bencana banjir karena adanya kewajiban physical distancing, kemudian protokol kesehatan yang tentu akan mempersulit proses penanganan,” kata Laksana dalam webinar Banjir di Masa Pandemi Covid-19, Rabu (9/9).

Baca juga : Pemerintah Gandeng Perusahaan Swasta Produksi Vaksin Merah Putih

Laksana menuturkan, untuk menghadapi ancaman bencana tersebut, diperlukan perhatian serius dalam hal mitigasi dan pengelolaan banjir, terutama saat pandemi covid-19. Menurutnya, permasalahan banjir memang sangat rumit dan meliputi banyak aspek, salah satunya regulasi, khususnya terkait desentralisasi kewenangan dan otoritas pengelolaan sumber daya yang tidak optimal. Kemudian adanya potensi tumpang tindih kewenangan antar sektor maupun level yang berbeda di pemerintahan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan peran berbagai pihak terkait, terutama lembaga penelitian dan pengembangan untuk mencari jalan keluar atas masalah tersebut.

“Peran lembaga penelitian atau lembaga riset dan inovasi itu sangat penting. Bagaimana kita bisa melihat problem ini secara komperhensif dari semua sisi kemudian berupaya memberikan berbagai alternative, solusi, dan rekomendasi kebijakan terhadap masalah yang berhubungan dengan bencana keairan di negara kita saat ini,” paparnya. (OL-2)

Baca Juga

DOK BIN

Tingkat Keakuratan Hasil Swab Tes BIN Lebih Tinggi

👤S1-25 🕔Selasa 29 September 2020, 04:39 WIB
Swab test yang dimiliki BIN menggunakan Laboratorium PCR berstandar Biosafety Level 2 (BSL-2) dan bersertifikat internasional pertama di...
ANTARA/DHEMAS REVIYANTO

Intervensi Skala Mikro Berulang Diyakini Lebih Efektif

👤Ant/AT/Pra/Aiw/X-6 🕔Selasa 29 September 2020, 04:26 WIB
Mini-lockdown yang berulang itu akan lebih...
AFP

Henry Cavill Ingin Gantikan Daniel Craig

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 03:55 WIB
SEBUAH keinginan jujur dikemukakan aktor Henry Cavill, 37, yang ingin memerankan karakter legendaris James...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya