Rabu 09 September 2020, 19:28 WIB

Korona Merajalela di Tanah Air Akibat Penegakan Disiplin Memble

Deden Muhamad Rojani | Humaniora
Korona Merajalela di Tanah Air Akibat Penegakan Disiplin Memble

Antara
Protokol kesehatan

 

PENGAMAT kebijakan publik Trubus Rahardiansyah mengungkapkan, penanganan penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia masih belum maksimal.

Menurutnya, masih banyak pelanggar peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari kalangan masyarakat ataupun pejabat pemerintah.

“Peraturannya juga lemah, masyarakatnya juga bandel, kuncinya harus di penegakan hukum yang tegas, supaya protokol kesehatannya berjalan, kalau tidak, itu tidak akan dipatuhi,” ungkap Trubus saat dihubungi Mediaindonesia.com, Rabu (9/9).

Trubus menyebut, agar peraturan pembatasan sosial ditengah Pandemi Covid-19 dipatuhi, pemerintah pusat tidak cukup mengeluarkan Intruksi Presiden (Inpres). Menurutnya, peraturan yang tepat adalah Undang-Undang atau Perppu, karena memuat sanksi pidana.

“Sanksi yang bisa menimbulkan efek jera memang dengan denda sudah cukup, tapi kalau perlu karena masyarakat bandel, sanksi kurungan atau pidana bisa diterapkan,” tambahnya.

Menurutnya, harus ada kesesuaian peraturan antara pusat dan daerah. Pasalnya, isi inpres tersebut mengindikasikan seakan pemerintah angkat tangan soal penegakan disiplin kesehatan di daerah.

Selain itu, peraturan tersebut harus dijalankan oleh pemangku pemerintahannya sendiri, jangan memberi contoh yang buruk. Misalnya kata dia, masih banyak pejabat saat melakukan kegiatannya yang melanggar protokol kesehatan.

“Itu waktu Wakil Gubernur melakukan sidak ke bioskop, itu juga mereka tidak menjaga jarak tuh,” tandasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Instagram @JOE_TASLIM

Joe Taslim Bawa Tote Bag ke Tempat Gym

👤MI 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 02:55 WIB
AKTOR Joe Taslim, 39, mengaku berusaha mengubah perilaku sehari-hari dengan membawa tote bag ke tempat gym atau lokasi...
AFP/Tauseef Mustafa

Indonesia Lobi WHO untuk Jatah Bantuan Tes Cepat Antigen

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:53 WIB
"Kami mengusulkan agar Indonesia dipertimbangkan sebagai negara prioritas penerima karena Indonesia tengah berupaya mendeteksi lebih...
Antara

Indonesia Dipuji karena Berhasil Entaskan Kemiskinan

👤Zubaedah Hanum 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:30 WIB
Organisasi Konferensi Islam (OKI/OIC) memuji keberhasilan Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan dalam sebuah laporan penelitian berjudul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya