Rabu 09 September 2020, 12:20 WIB

Dukung Ibu Permudah Akses Nutrisi di Masa Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dukung Ibu Permudah Akses Nutrisi di Masa Pandemi

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo (Stringer)
Petugas kesehatan memberi imunisasi dalam upaya pencegahan stunting di Puskesmas 1 Denpasar Selatan, Bali.

 

PERIODE emas merupakan masa esensial bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup, guna mendukung mereka menjadi sumber daya manusia yang maju. Di tengah pandemi covid-19, nutrisi untuk anak harus terus menjadi perhatian penting bagi orang tua.

Persoalannya adalah di tengah situasi sulit ini dikhawatirkan berpengaruh bagi pemenuhan nutrisi anak. Oleh karena itu, Danone Specialized Nutrition Indonesia berkomitmen untuk permudah akses nutrisi dan berikan edukasi kepada anak anak Indonesia dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga: Ketahanan Pangan dan Gizi di Tengah Covid-19

“Pemenuhan nutrisi anak-anak di Indonesia mengalami berbagai tantangan di masa pandemi, mulai dari faktor ekonomi, kekhawatiran saat ke luar rumah, maupun kondisi lainnya. Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia senantiasa berkomitmen dalam mendukung pemenuhan gizi dan kesehatan bagi anak-anak di Indonesia, terutama pada kondisi seperti ini. Kami ingin membantu orang tua untuk  memenuhi kebutuhan gizi anak melalui kemudahan akses nutrisi, berkontribusi pada masyarakat terutama yang terdampak pandemi, hingga menyediakan literasi kesehatan untuk orang tua,” ujar Sales Director Danone SN Indonesia, Widianto Juwono.

Untuk mendukung pemenuhan nutrisi bagi anak bangsa melalui akses nutrisi yang mudah, sejak April 2020, Danone SN Indonesia bekerjasama dengan toko-toko ritel seperti Indomaret dan Alfamart dalam memaksimalkan opsi belanja online dengan fasilitas layanan pengiriman gratis yang bertujuan memastikan para ibu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk anak mereka selama pandemi.

“Kerjasama Alfamart dengan Danone SN Indonesia merupakan sebuah perwujudan komitmen  kami kepada konsumen kami di seluruh Indonesia. Pembelanjaan secara daring memang merupakan pilihan paling aman yang dirasakan oleh banyak ibu. Selama periode April – Juni 2020 tercatat sebanyak lebih dari 100.000 ibu di Indonesia telah menggunakan kemudahan ini untuk pemenuhan nutrisi bagi anak-anaknya,” cetus Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin.

Hambatan dalam melanjutkan maupun mendapatkan pekerjaan yang dialami orang tua mempengaruhi pemenuhan gizi dan imunitas maupun kesehatan jangka panjang anak-anak . Sejak awal masa pandemi, Danone SN Indonesia (SGM Eksplor aktif)  juga berkolaborasi bersama dengan berbagai pihak.

“Kami bekerjasama dengan Gojek, Alfamart, serta Indomaret untuk mengundang pelanggan setia masing-masing toko ritel untuk berkontribusi mengumpulkan donasi untuk keluarga dan masyarakat terdampak  pandemi. Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengumpulkan donasi sebesar 1 Miliar bagi mitra pengemudi ojek online, maupun 6.000 ibu-ibu dengan pendapatan rendah di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membantu para orang tua untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi keluarganya, khususnya anak dalam masa tumbuh kembang,” tambah Widianto.

Keterbatasan akses simulasi tumbuh kembang anak dan pendidikan selama tinggal di rumah akibat pandemi ini, mencetuskan ide bagi Danone SN Indonesia dan Alfamart dalam memberikan literasi edukasi bagi para ibu melalui media sosial mengenai tumbuh kembang anak di atas usia 1 tahun. Melalui akun media sosial SGM Eksplor dan Alfamart, diberikan tips nutrisi, memasak makanan sehat dan simulasi praktis yang dapat dilakukan oleh para ibu dan anaknya selama berada di rumah.

“Melalui upaya yang telah kami lakukan bersama dengan para mitra, kami berharap lebih banyak pihak dapat terinspirasi mendukung pemenuhan nutrisi anak-anak di Indonesia. agar mereka memiliki tumbuh kembang optimal bahkan di masa pandemi. Apabila berbagai pihak bersatu dan kuat, kami optimis kita dapat mendukung anak menjadi generasi penerus Indonesia,” ujar Widianto. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

Banjir dan Tanah Longsor Landa Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 24 September 2020, 14:30 WIB
Longsor disebabkan kondisi tanah labil dan dipicu curah hujan tinggi, akibatnya akses jalan dari Padang Paiman menuju Bengkulu...
ANTARA/NOVRIAN ARBI

Tradisi Lisan dan Ekonomi Kreatif Maksimalkan Bonus Demografi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 24 September 2020, 14:15 WIB
Penggabungan antara tradisi lisan dan ekonomi kreatif menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk menekan angka...
AFP

Cari Vaksin, Pemerintah Jajaki Pfizer Hingga Johnson & Johnson

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 September 2020, 13:43 WIB
Untuk menjamin ketersediaan vaksin covid-19 di Tanah Air, pemerintah telah menjalin kerja sama dengan perusahaan farmasi asing. Seperti,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya