Rabu 09 September 2020, 17:46 WIB

Forkopimda Jatim dan Kemenkopolhukam Koordinasi Pengamanan Pilkada

Heri Susetyo | Nusantara
Forkopimda Jatim dan Kemenkopolhukam Koordinasi Pengamanan Pilkada

MI/Heri Susetyo
Forkopimda Jatim rapat dengan Kemenkopolhukam di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu sore (9/9).

 

FORUM Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim koordinasi pengamanan dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes) dalam pilkada serentak 2020 dengan pimpinan Kemenkopolhukam di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu sore (9/9).

Koordinasi lewat zoom tersebut dihadiri Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen M Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya V Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Zoom Meeting bersama pimpinan Kemenkopolhukam tersebut ada penekanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yaitu pengamanan dan penegakan hukum bagi pelanggar prokes. 

Pelaksanaan pilkada serentak di Jatim di 16 kabupaten dan tiga kota rawan memunculkan klaster baru covid-19. Sebab pilkada identik dengan pengumpulan massa dalam jumlah besar. 

"Pilkada serentak ini identik dengan pengumpulan massa, sehingga dalam pelaksanaannya nanti masyarakat harus tetap mentaati protokol kesehatan," kata Kapolda.

Guna meminimalisir pelanggaran prokes tersebut diperlukan penegakan hukum di lapangan. Maka Polri bersama kejaksaan akan memaksimalkan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) untuk memproses pelanggaran yang terjadi selama pilkada.

Meeting zoom tersebut juga kembali mengingatkan terkait netralitas TNI/Polri. Bahwa TNI dan Polri akan menjaga netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas untuk menghindari kepentingan politik.

"Diharapkan kepada seluruh stake holder dan instansi terkait dapat melaksanakan tugas secara maksimal, demi tercapainya pilkada serentak yang aman dan damai," kata Fadil. (J-1)

Baca Juga

dok.mi

50 persen Total Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 27 September 2020, 16:35 WIB
SEKITAR 50% atau sebanyak 3.141 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari total sebanyak 6.577 kasus terkonfirmasi di Riau berhasil sembuh...
dok.mi

Selebgram Pilihan Kampanye di tengah Pandemi Covid

👤Cikwan Suwandi 🕔Minggu 27 September 2020, 16:20 WIB
SELAIN tatap muka terbatas, media sosial menjadi pilihan sejumlah pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Karawang untuk...
dok.mi

Covid-19 di Jawa Tengah Melonjak Akibat Muncul Klaster Baru

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 27 September 2020, 16:05 WIB
ANGKA covid-19 di Jawa Tengah melonjak dengan munculnya klaster-klaster baru di beberapa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya