Rabu 09 September 2020, 17:21 WIB

KONI Dukung Pemanfaatan dan Pengembangan Sport Science

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
KONI Dukung Pemanfaatan dan Pengembangan Sport Science

MI/ADAM DWI
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman.

KETUA Umum KONI Pusat Marciano Norman mengapresiasi pemilihan tema dari Hari Olahraga Nasional (Haornas) yakni Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. Norman pun menitik beratkan kepada pengembangan dan pemanfatan sport science untuk mendorong prestsi olah raga nsional.

"KONI mendorong seluruh anggota termasuk induk cabor dan KONI Provinsi agar kembangkan Sport Science untuk tingkatkan prestasi," terang Marciano dalam keterangan persnya, Rabu (9/9).

Baca juga: Tiga Negara Mundur Piala Thomas dan Uber 2020 Tetap Jalan Terus

Ia pun berharap dengan sport science para atlet dapat mendapatkan penanganan mental, fisik, nutrisi dan peralatan yang terbaik agar dapat berprestasi.

Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian adalah sport industry yang juga tidak kalah penting untuk dikembangkan. Sebab pengembangan industri olah raga akan menentukan hidup atau tidaknya sektor olah raga.

Menurut Marciano perkembangan industri olahraga dapat mendorong perkembangan perekonomian masyarakat dengan catatan potensi industri olahraga dikelola dengan baik. Alhasil kemajuan industri olahraga akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, pengembangan olah raga bukan hanya berdampak kepada sektor olah raga itu sendiri, tetapi juga dapat mendorong adanya sport tourism, yakni mendorong pariwista Indonesia. Dengan adanya berbaga event olah raga, khususnya bertaraf internasional secara tidak langsung akan mempromosikan pariwisata tanah air.

Dengan adanya event olahraga yang digelar di tanah air maka hal tersebut akan menarik banyak wisatawan mancanegara maupun domestik. Tuan rumah penyelenggara diharapkan menjadi populer sebagai objek wisata pasca event olahraga digelar.

“Indonesia alamnya baik, salah satu cara memperkenalkannya dengan event olahraga”, tegas Marciano.

Lebih lanjut, Marciano ingin agar seluruh anggota KONI yang terdiri dari 34 KONI Provinsi, 514 KONI Kabupaten/Kota, 72 Induk Cabor pahami betul tema Haornas 2020. Setelah memahaminya, seluruh anggota KONI perlu mengimplementasikannya untuk memajukan olahraga prestasi dan juga kesejahteraan masyarakat.

Ia pun menilai peringatan Haornas di tengah pandemi harus menjadi pemacu semangat untuk bangkit dan berprestasi dengan tidak menyerah akan keadaan

“Peringatan Haornas 2020 di masa pandemi merupakan kebangkitan olahraga prestasi Indonesia, tidak boleh menyerah dengan keadaan, harus ada terobosan untuk tetap lakukan pembinaan olahraga. Semua yang terlibat di kegiatan olahraga prestasi harus sejahtera," pungkas Marciano. (OL-6)

Baca Juga

AFP

Thiem Siap Rebut Gelar Grand Slam di Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 26 September 2020, 14:29 WIB
Juara Grand Slam AS Terbuka ini percaya diri dapat meraih gelar keduanya di Prancis Terbuka. Thiem pun melakukan banyak latihan agar...
ANT

Juara Olimpiade Dukung PBSI Mandiri

👤RO/Micom 🕔Sabtu 26 September 2020, 11:19 WIB
Komitmen untuk membawa PBSI mandiri secara keuangan dan melakukan desentralisasi pembinaan di daerah menjadi kebutuhan PBSI yang harus...
AFP/Clive Brunskill

Taklukan Unggulan Keempat, Rublev Maju ke Semifinal Jerman Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:45 WIB
Bermain agresif untuk menaklukan Bautista Agut, petenis Rusia itu merebut kemenangan dua set langsung 6-2, 7-5 dalam waktu satu jam 31...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya