Rabu 09 September 2020, 13:40 WIB

50 Personel TNI Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Polsek Ciracas

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
50 Personel TNI Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Polsek Ciracas

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Suasana pasca penyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu, (29/8/2020).

 

KOMANDAN Puspom TNI AD (Danpuspomad) Letjen Dodik Wijanarko mengungkapkan sebanyak 50 personel telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyerangan Polsek Ciracas.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 81 personel. Yang sudah naik status menjadi tersangka dan ditahan sebanyak 50 personel. Sekarang masih dilakukan pendalaman terhadap 3 personel," ujar Dodik di Maspuspomad, Jakarta, Rabu (9/9).

Salah satu dari 50 personel yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Prada Muhammad Ilham. Ia diduga telah menyebarkan berita bohong yang akhirnya memicu keributan.

Dodik mengatakan Ilham sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur.

"Prada MI pada Jumat 4 September, sekitar pukul 11.30 WIB, telah selesai menjalani perawatan di rumah sakit. Ia langsung diserahkan ke penyidik Detasemen POM Jayakarta II Cijantung, Kongdam Jaya," jelas Dodik.

Baca juga: Serbu Polsek Ciracas, 29 Prajurit TNI Jadi Tersangka

Berdasarkan pemeriksaan, Ilham dijerat pasal 14 ayat 1 junto ayat 2 UU Nomor 1 tahun 1948 tentang Mempersamakan 'Keadaan Bahaya' dengan 'Tijd Van Oorlog' seperti yang dimaksud dalam Kitab-Undang-Undang Hukum Pidana Tentara.

Adapun ayat 1 berbunyi barang siapa menyiarkan berita bohong dan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat dihukum setinggi-tingginya sepuluh tahun penjara.

Sedangkan, ayat 2 berbunyi barang siapa menyiarkan suatu berita yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat sementara ia patut menyangka bahwa berita itu adalah bohong dihukum setinggi-tingginya tiga tahun penjara.(OL-5)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Pesantren Diminta Lahirkan Santri Gus Iwan

👤Mir/X-11 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:59 WIB
Pesantren harus bangun, tidak boleh tidur. Mari kita bangkit mengembangkan santri yang kuat sehingga negara juga menjadi...
MI/AGUS M

KPK Minta Warga Ikut Awasi Dana Paslon

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:51 WIB
Semua calon kepala daerah saat ini sudah menyetorkan laporan harta kekayaan ke KPK dan dapat diakses...
MI/SUSANTO

Nurhadi tidak Ajukan Eksepsi

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:40 WIB
Terdakwa Nurhadi memutuskan tidak mengajukan eksepsi sehingga sidang selanjutnya langsung ke pemeriksaan saksi kasus dugaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya