Rabu 09 September 2020, 11:30 WIB

Layanan Elektronifikasi Tiket One Person One Card

Hilda Julaika | Megapolitan
Layanan Elektronifikasi Tiket One Person One Card

Antara/Arif Firmansyah
Warga menunjukkan aplikasi pembayaran digital (uang elektronik) LinkAja saat sosialisasi di Stasiun Bogor

 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengupayakan pemberlakuan elektronisasi angkutan layanan umum. Menurut Syafirn, pihaknya menargetkan bulan September ini ada implementasi One Person One Card secara elektronifikasi untuk mengurangi sentuhan langsung pada kartu saat transaksi pembayaran transportasi umum.

“Inovasi layanan lainnya yang didorong itu elektronifikasi angkutan layanan umum. Ada target bulan September ini One Person One Card,” ujar Syafrin dalam diskusi bertema 'Mobilitas Aktif Pasca Pandemi' secara virtual, Rabu (9/9).

Menurutnya, hal ini diupayakan dalam rangka mengurangi sentuhan langsung dalam transaksi ticketing. Terlebih saat ini tengah dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga elektronifikasi ini bisa menjadi aktivitas untuk meminimalkan penyebaran virus covid-19.

Baca juga: Cegah Klaster Covid-19 Pilkada 2020, Polri Keluarkan Telegram

“Ini dilakukan untuk mengurangi sentuhan lewat proses transaksi ticketing dalam layanan transportasi umum,” jelas Syafrin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro mengatakan pihaknya pun tengah menyiapkan peningkatan digitalisasi pada transaksi pembayaran. Terutama pembayaran layanan berbasis halte akan disiapkan menggunakan QR Code.

“Kita perlu meningkatkan digitalisasi transaksi pembayaran, maka kita insya Allah akan segera meluncurkan pembayaran menggunakan QR technology. Terutama yang layanan berbasis halte akan siapkan pembayaran menggunakan QR,” tuturnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Pemprov DKI Terus Keruk Sungai Tingkatkan Kapasitas Air

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 13:05 WIB
Adapun pengerukan sungai ini bertujuan meningkatkan kapasitas air. Sehingga, saat curah hujan deras dan menimbulkan genangan air,...
MI/Fransisco Carolio

HUT KAI, Ada Diskon 25 Persen Tiket KA Jarak Jauh

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:35 WIB
Adapun diskon ini untuk keberangkatan Kereta Api (KA) Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Stasiun area Daop 1...
ANTRA FOTO/Fakhri H

Soal Isolasi Mandiri, PDIP: Kebijakan Anies Sering tak Terukur

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:15 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak mengkritik kebijakan yang dikeluarkan Anies lantaran sering tak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya