Rabu 09 September 2020, 11:31 WIB

19 Daerah di Jateng Langgar Protokol Kesehatan Saat Daftar Pilkada

Akhmad Safuan | Nusantara
19 Daerah di Jateng Langgar Protokol Kesehatan Saat Daftar Pilkada

Ilustrasi
Pilkada 2020

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah mencatat dan menemukan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan di 19 daerah di Jateng saat pendaftaran paslon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dan satu calon kepala daerah terpapar covid-19.

"Kondisi ini cukup rawan terjadinya penularan covid-19, karena kita temukan pelanggaran protokol kesehatan saat pendaftaran paslon pada hari Sabtu dan Minggu lalu," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Anik Solihan, Rabu (9/9).

Saat pendaftaran paslon terjadi ketidakpatuhan parpol yang mengabaikan protokol kesehatan. Sebab banyak parpol dan pasangan calon yang membawa dan memobilisasi masa dalam jumlah besar. 

"Kita mencatat itu terjadi di 19 daerah,"  tambahnya.

Melihat kondisi ini, ungkap Anik, ia meminta kepada aparat penegak hukum untuk tidak menerbitkan izin bagi paslon yang melanggar peraturan dan menagih janji parpol yang sudah bersedia dan berkomitmen untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan selama Pilkada 2020.

baca juga: Petahana Jangan Gunakan APBD Untuk Kampanye

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajad secara terpisah mengatakan ada satu bakal calon yang dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui usai calon kepala daerah itu menyerahkan hasil pemeriksaan PCR saat mendaftar ke KPU. Yulianto menyebutkan bahwa KPU tetap mengizinkan bakal calon kepala daerah itu maju dalam Pilkada 2020 namun wawancara memakai video conference. 

"Kita minta calon tersebut lakukan isolasi selama 14 hari dan setelah negatif baru ikuti tahapan selanjutnya," imbuhnya. (OL-3)

Baca Juga

Ilustrasi

SAR Asmat Evakuasi Kru KM Adi Utama ke Dermaga Agats

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 07:08 WIB
Kejadian kapal atau perahu bocor bahkan tenggelam acapkali terjadi di wilayah perairan Kabupaten Asmat yang masih di bawah wilayah kerja...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Terus Mengawal Protokol Kesehatan

👤Heri Susetyo 🕔Senin 21 September 2020, 05:20 WIB
Denda dan sanksi sosial terbukti membuat warga lebih disiplin. Di Sidoarjo, jumlah pelanggar protokol kesehatan terus...
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Lebih Ketat setelah 3 Calon Terpapar

👤FL/CS/FR/N-3 🕔Senin 21 September 2020, 05:10 WIB
Gogot Cahyo Baskoro menyebut fenomena itu ialah bukti bahwa banyak peserta pilkada yang mengabaikan protokol kesehatan. “Akibatnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya