Rabu 09 September 2020, 05:30 WIB

AS Sebut Tiongkok Takut pada Kebebasan Pers

Faustinus Nua | Internasional
AS Sebut Tiongkok Takut pada Kebebasan Pers

Mark Felix/AFP
Seorang demonstran membawa bendera AS di depan gedung konsulat Tiongkok di Houston yang telah ditutup.

 

AMERIKA Serikat pada hari Selasa (8/9) menuduh Tiongkok takut akan media yang bebas karena mengecam pembatasan baru Beijing pada pers internasional.

"(Tiongkok) telah memberi tahu kami bahwa mereka berencana untuk lebih membatasi akses bagi jurnalis asing yang bekerja di RRT," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus.

"Tindakan yang diusulkan ini akan memperburuk lingkungan peliputan di Tiongkok, yang sudah kekurangan peliputan media yang terbuka dan independen," tulisnya di Twitter.

Menurutnya, langkah Beijing tersebut telah membatasi ruang peliputan bagi media asing. Dan Morgan menuduh Negara Tirai Bambu takut akan kebabasan pers.

"Mengapa PKC takut akan pelaporan media investigasi dan independen?" katanya, mengacu pada Partai Komunis Tiongkok.

baca juga: Pembunuh Khashoggi Bebas dari Maut 

Tiongkok  telah memperingatkan bahwa jurnalis asing harus mematuhi hukum untuk bekerja di negara itu. Hal itu setelah menyelidiki dua jurnalis Australia yang melarikan diri di bawah perlindungan diplomatik karena takut ditangkap. Adapun, sesama wartawan Australia lainnya Cheng Lei telah ditahan sejak bulan lalu, dan Tiongkok mengakui bahwa dia ditahan atas dasar keamanan nasional. Tiomgkok juga telah mengusir wartawan AS dari surat kabar ternama, yang meningkatkan kekhawatiran bahwa Beijing berusaha menghentikan peliputan investigasi, termasuk tentang hak asasi manusia.

Beijing bertindak melawan jurnalis AS setelah Departemen Luar Negeri memperketat peraturan pada media pemerintah Tiongkok, menyebut mereka sebagai propaganda, meskipun tidak membatasi hak jurnalis mereka untuk meliput di AS.(AFP/OL-3)

Baca Juga

AFP/ Eduardo Munoz Alvarez/Getty Images

Tiongkok Serang AS di Pertemuan DK PBB

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 25 September 2020, 08:06 WIB
Washington telah berulang kali menyerang Tiongkok dan beberapa hari yang lalu Presiden Donald Trump kembali menuduh Tiongkok atas...
AFP/Jaafar Ashtiyeh

Palestina Harap Israel tidak Halangi Pemilu

👤Wisnu Arto Subari 🕔Jumat 25 September 2020, 07:20 WIB
SEJUMLAH kalangan menyambut baik terhadap kesepakatan penguasa Gaza, Hamas, dan saingan mereka, Fatah, di Tepi Barat yang...
AFP/Manuel ELIAS / UNITED NATIONS

PBB Khawatir Penanganan Iklim Sama Buruknya dengan Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 25 September 2020, 07:12 WIB
"Pandemi adalah ujian nyata kerja sama internasional, ujian yang pada dasarnya kami...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya