Rabu 09 September 2020, 05:50 WIB

10 Anggota MWA USU Wakil Masyarakat Terpilih

PS/H-1 | Humaniora
10 Anggota MWA USU Wakil Masyarakat Terpilih

DOK USU
Suasana halaman depan kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumut, pekan lalu.

 

PEMILIHAN anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatra Utara (USU) Medan periode 2020- 2025 pada Senin (7/9) berlangsung ketat dan khidmat.

Dari 34 orang yang mendaftar, 10 orang akhirnya terpilih mewakili unsur masyarakat menjadi anggota MWA USU. Proses seleksi dimulai dari tahapan kelengkapan berkas. Sebanyak 28 orang dari 34 pendaftar dinyatakan lulus berkas.

Pemilihan pun dilaksanakan. Suara tertinggi (12 suara) diraih Arya Sinulingga, alumnus ITB Bandung yang saat ini menjabat Staf Khusus Menteri BUMN. Seorang jurnalis, Usman Kansong, juga terpilih menjadi salah satu anggota MWA USU setelah meraih 9 suara. Diikuti Abdul Hakim Siagian (9), Jaleswari Pramodhawadhani (9), Muhammad Abdul Ghani (9), dan Reni Sitawati Siregar (9). Selain itu, ada Nurmala Kartini yang memperoleh 11 suara, Irmansyah Batubara (11), Haryadi (10), dan Idham (10), serta Nurdin Lubis (1). Adapun 17 calon lainnya tidak memperoleh suara.

Anggota MWA USU berjumlah 21 orang, terdiri atas menteri, rektor, 8 wakil senat akademik, dan 11 orang wakil masyarakat. Satu anggota wakil masyarakat ialah Gubernur Sumatra Utara yang diangkat secara ex-offi cio.

Dalam melaksanakan tugas nanti, MWA USU punya peran dan wewenang sangat penting, di antaranya menetapkan kebijakan umum universitas, mengangkat dan memberhentikan rektor, mengesahkan rencana jangka panjang, rencana strategis, rencana kerja, dan anggaran universitas.

Usman Kansong yang saat ini menjabat Ketua Dewan Redaksi Media Group merupakan putra asal Nusa Tenggara Barat kelahiran Jakarta, 13 April 1970. Dia merupakan alumnus Ilmu Komunikasi FISIP USU pada 1994 dan alumnus Ilmu Sosiologi Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) pada 2005.

Saat ini Usman tengah menyelesaikan disertasi doktornya di Jurusan Ilmu Komunikasi UI. Usman pernah menjadi mahasiswa teladan pada 1992 dan berhasil mewakili USU untuk meraih penghargaan dari Presiden Soeharto.

"Saya dan anggota Majelis Wali Amanat bekerja untuk semakin memajukan USU. Apalagi saya sebagai alumni USU, berkontribusi untuk semakin memajukan almamater menjadi satu kewajiban," ujar Usman. (PS/H-1)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Rabies Masih Jadi Ancaman di Indonesia

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 29 September 2020, 07:03 WIB
Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya 8 provinsi yang bebas rabies sementara 26 provinsi lainnya masih endemik...
Dok. Kementerian Kominfo

Dua Jurnalis Senior Metro TV Raih Satya Lencana Wira Karya

👤 (Medcom.id/H-2) 🕔Selasa 29 September 2020, 06:05 WIB
DUA jurnalis senior Metro TV, Andy F Noya dan Desi Fitriani, diganjar anugerah Satyalencana Wira...
MI/BRIYANBODO HENDRO

Kuat di Konsep, Lemah saat Implementasi

👤 (RO/Ata/H-2) 🕔Selasa 29 September 2020, 06:00 WIB
RENCANA pemerintah mengubah strategi pembangunan kesehatan dari strategi kuratif menjadi promotif untuk mewujudkan peningkatan kualitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya