Rabu 09 September 2020, 04:05 WIB

Tanpa Pupuk Subsidi Sampai Desember

(BN/ MC/AD/N-3) | Nusantara
Tanpa Pupuk Subsidi Sampai Desember

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Petugas memeriksa pupuk subsidi yang baru tiba di gudang lini III PT Pupuk Kujang, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (7/9/2020).

 

PUPUK subsidi sudah habis. Harapan petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk mendapat pasokan lagi, baru akan terpenuhi tahun depan.

Untuk tambahan musim tanam Agustus-Desember, mereka harus membeli pupuk nonsubsidi. “Pemkab sudah minta tambahan kuota pupuk tahun ini, tapi baru bisa dipenuhi tahun depan,” kata Bupati Malang, Muhammad Sanusi, kemarin.

Saat ini kondisi stok pupuk menipis, bahkan di sejumlah kecamatan sudah habis. Menurut Kepala Seksi Pupuk Pestisida Suwaji, stok terakhir sudah digulirkan pada Juli. Selama 2020, alokasi pupuk daerah ini mencapai 10,5 ribu ton.

Adapun untuk September-Desember masih dibutuhkan 34,4 ribu ton. Di sisi lain, langkah inspiratif dilakukan sejumlah widyaiswara Balai Latihan Pertanian Kabupaten Keerom, Papua.

“Ada keterbatasan anggaran untuk menggelar pendidikan dan latihan. Karena itu, dengan dana operasional dan uang pribadi, kami menggelar diklat teknis budi daya jagung,” kata Elizabeth Israntili, seorang widyaiswara.

BLP Keerom berencana menggelar diklat dengan metode sekolah lapang sebanyak 16 kali pada Agustus-November. Mereka membekali peserta yang akan mendampingi pengembangan 1.000 hektare penanaman jagung. (BN/ MC/AD/N-3)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Legislator Gelontorkan 258 Alsintan untuk Puluhan Poktan di Sragen

👤Widjajadi 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:41 WIB
Di hadapan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Luluk berharap bantuan ratusan alsintan ini bisa lebih meningkatkan hasil pertanian...
DOK PELINDO 3

Yacht Kini Bisa Berlabuh di Banyuwangi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:29 WIB
BIYC diharapkan membuka peluang bagi Banyuwangi untuk dikunjungi wisatawan kelas menengah atas dari segala penjuru...
ANTARA FOTO/Budi Candra S

600 Ton Kopi Banyuwangi Segera Dikirim ke Pasar Eropa

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:25 WIB
Manajer Kebun Malangsari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Sanuri mengungkapkan pihaknya mendapat pesanan perdana kopi robusta dari negara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya