Rabu 09 September 2020, 00:03 WIB

Sumut Dorong Pemanfaatan Hutan Mangrove Jadi Obyek Wisata

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Dorong Pemanfaatan Hutan Mangrove Jadi Obyek Wisata

ANTARA
Kawasan hutan bakau (magrove) menjadi salah satu tempat wisata.

 

DALAM beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat Sumatera Utara (Sumut) akan pentingnya kawasan hutan bakau (magrove) dalam ekosistem lingkungan, meningkat. Hal inilah yang membuat Pemprov Sumut mendorong pemanfaatan hutan mangrove menjadi objek wisata alam maupun wisata edukasi selain untuk menahan abrasi.

Seperti di taman mangrove di Kampung Nipah, Sei Naga Lawan, Kabupaten Serdangbedagai, yang sempat dikunjungi Wakil Gubernur Musa Rajekshah, akhir pekan lalu. Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumut Heriyanto, optimistis bila terus dikembangkan, maka lokasi itu akan menjadi objek wisata alam dan wisata edukasi untuk masyarakat dan anak-anak.

Kawasan itu juga sudah memiliki izin untuk dijadikan hutan kemasyarakatan, seluas dua hektare. Lahan ini sudah diupayakan oleh masyarakat selama kurang lebih 10 tahun dan sudah dapat memberikan kehidupan bagi 40 kepala keluarga. Kelompok Tani Kampung Nipah bersama kelompok tani lain sudah mengelola kawasan taman wisata mangrove di sana bahkam sudah sejak 2004.

Masyarakatnya juga membentuk Kelompok Muara Tanjung yang kemudian berhasil menyulap Kampung Nipah yang dulunya tandus menjadi lokasi ekowisata mangrove terpadu berbasis masyarakat pertama di Indonesia. "Kami akan terus bergerak melestarikan kawasan hutan mangrove sehingga bermanfaat besar bagi masyarakat maupun daerah," jelasnya Selasa (8/9).

Heriyanto mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan pihaknya adalah menggandeng kelompok masyarakat dalam pelestarian mangrove. Bekerja sama dengan kelompok masyarakat dan menjadikan hutan kemitraan dengan masyarakat.

"Ini dinilai bisa menjadi hal yang baik dan bisa menjadi contoh untuk daerah lain, terlebih juga karena bisa meningkatkan PAD," jelasnya. (R-1)

Baca Juga

DOK MI

Sulteng Buka Rumah Sakit Darurat untuk Pasien Covid-19

👤M Taufan SP Bustan 🕔Selasa 29 September 2020, 19:35 WIB
Hingga saat ini jumlah kasus positif korona di Sulteng berjumlah 393 orang setelah ada penambahan kasus baru sebanyak enam orang. 250 orang...
Istimewa

Para Pejabat Mabar Diperiksa terkait Raibnya Aset Lahan 30 Ha

👤John Lewar 🕔Selasa 29 September 2020, 19:35 WIB
SEJUMLAH pejabat dan mantan pejabat di Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) diperiksa penyidik Tindak Pidana Khusus Kejati NTT, di...
Istimewa

Cagub NasDem Optimis Bisa Majukan Sumbar

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 19:30 WIB
Sumatera Barat hari ini membutuhkan pemimpin yang kuat, trengginas dan tangkas. Serta punya akhlak baik dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya