Rabu 09 September 2020, 00:15 WIB

Sejumlah Calon Kepala Daerah Positif Korona

(PO/HS/FL/DW/MT/SL/N-1) | Nusantara
Sejumlah Calon Kepala Daerah Positif Korona

hijrah Ibrahimjakaria /MI/ Istimewa
Salah satu Bakal Calon Walikota Ternate, Tauhid Soleman memegang urine bersama petugas BNNP Malut

 

BEBERAPA bakal calon kepala daerah (cakada) yang mendaftarkan diri menjadi kandidat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terungkap positif terpapar covid-19.

Mereka itu antara lain, bakal cakada Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkonfirmasi positif korona, Selasa (8/9). Ketua KPU NTT Thomas Dohu membenarkan dirinya telah menerima informasi itu dari KPU Ngada. Sesuai PKPU No 10 Tahun 2020, pemeriksaan kesehatan dan administrasi dokumen pencalonan bakal cakada bersangkutan ditunda.

Menurut Thomas, dari puluhan pasangan bakal cakada yang telah mendaftar untuk bertarung di pilkada sembilan kabupaten, baru satu calon yang terkonfirmasi positif korona.

Selain seorang positif covid-19, Badan Pengawas Pemilu NTT juga menemukan calon tidak menyertakan hasil pemeriksaan tes usap covid-19. "Pelanggaran yang kami temukan antara lain ada bakal calon dan pasangan bakal calon tidak menyerahkan hasil swab test saat mendaftar di KPU," kata anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna, Selasa (8/9).

Calon bakal wakil bupati Sidoarjo yang mendaftar ke KPU setempat, pada Jumat (4/9), juga positif covid-19. Pihak KPU Sidoarjo seketika meminta orang tersebut melakukan isolasi mandiri.

KPU Sumsel juga mencatat seorang calon dari Muratara terpapar covid-19 dan menjalani karantina mandiri. Pasangan bakal cakada Kabupaten Poso dengan tagline Ari-Vivin juga terancam ditolak, selain karena syarat administrasi belum lengkap, calon wakil tidak ikut ke KPU karena dinyatakan reaktif.

Berdasarkan hasil verifikasi pemeriksaan kesehatan, tiga pasangan bakal Gubernur/Wagub Jambi, yakni Cek Endra-Ratu Munawaroh, Al Haris-Abdullah Sani, dan Fachrori Umar-Syafril Nursal, dinyatakan aman dari infeksi virus korona. "Swab test mereka semua negatif," ungkap Ketua KPU Jambi M Subhan.

KPU Bangka Belitung juga mengonfirmasi 11 pasangan bakal cakada dinyatakan bebas dari covid-19. "Sesuai aturan, 11 paslon untuk empat pilkada di Babel sudah menyerahkan surat keterangan swab test bebas covid-19," ujar Ketua KPU Provinsi Babel Davitri. (PO/HS/FL/DW/MT/SL/N-1)

Baca Juga

Antara

Pemprov Sumbar Terbitkan Perda Pelanggar Protokol Kesehatan

👤Yose Hendra 🕔Minggu 20 September 2020, 23:27 WIB
Jika masih kedapatan tidak bermasker, siap-siap saja didenda atau sanksi...
MI/Adi Kristiadi

Ayam Ras Bertelur Jumbo Hebohkan Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 20 September 2020, 21:50 WIB
WARGA Kampung Kudang, Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan seekor ayam ras yang bertelur ukuran...
MI/Heri Susetyo

Kapolda Tinjau Operasi Yustisi Prokes Di Daerah Rawan Covid-19

👤Heri Susetyo 🕔Minggu 20 September 2020, 17:41 WIB
Mereka yang tak mengenakan masker ataupun yang bergerombol dikenai sanksi denda. Sanksi denda diberikan sesuai Perda Nomor 2 tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya