Selasa 08 September 2020, 21:40 WIB

Pinangki Gunakan Uang Gratifikasi Joker Untuk Perawatan

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Pinangki Gunakan Uang Gratifikasi Joker Untuk Perawatan

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Jaksa Pinangki usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung

 

TINDAK Pidana Pencucian Uang yang dilakukan oleh Jaksa Pinangki Sirna Malasari terus didalami oleh penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung.

Pinangki diduga meneria USD 500 ribu dari Joko Tjandra. Dari angka tersebut, sekitar Rp500 juta diserahkan ke Anita Kolopaking. Aliran dana ke Anita sampai saat ini masih didalami oleh penyidik.

Uang dari Joko Tjandra rencananya digunakan untuk pengurusan fatwa hukum ke Mahkamah Agung atas kasus cassie Bank Bali.

Direktur Penyidikan Jamipdsus Kejagung Febrie Ardiansyah mengungkap peruntukan sisa uang yang diterima Pinangki dari Joko Tjandra. Salah satu yang disebutnya untuk melakukan perawatan.

Baca juga : Gelar Perkara Bersama Ungkap Perihal Pertemuan Pinangki dan Joker

"Sisanya kan dikejar oleh penyidik. Beli BMW, bayar biaya perawatan, sewa apartemen sebulan Rp75 juta," ungkap Febrie di Jakarta, Selasa (8/9).

Penyidik telah menyita mobil BMW SUV X5 milik Pinangki yang ditaksir seharga Rp1,5 miliar. Sementara itu, pihak Kejagung juga telah memeriksa dua pengelola apartemen yang disewa oleh Pinangki, yakni Apartemen Essence Darmawangsa dan Apartemen Pakubuwono Signature.

Terkait keterlibatan adik Pinangki, yakni Pungki Priamrini dalam aliran dana terebut, Febrie mengaku pihaknya masih melakukan pemeriksaan. Ia tidak menutup kemungkinan bahwa ada uang yang mengalir ke rekening Pungki dari Pinangki.

"Tapi belum dipastikan jumlahnya," tandas Febrie. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ANGGIA P

Tersangka Kasus Surat Jalan sudah P21

👤Ykb/Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 06:13 WIB
Adapun tersangka dalam kasus dugaan suap penghapusan red notice ialah Tommy Sumardi dan Joko Tjandra sebagai pemberi suap. Lalu, Brigjen...
Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Giliran Advokat Dikorek soal Kasus Suap Nurhadi

👤Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 06:05 WIB
Nurhadi diduga menerima suap Rp33,1 miliar dari Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal Hiendra Soenjoto lewat menantunya, Rezky Herbiyono....
 MI/Susanto

Dua Kubu di KPK Dinilai Wajar

👤Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 05:56 WIB
Yang penting kan keputusan soal pengunduran diri ini sama sekali tidak memengaruhi sistem dan kebijakan penegakan hukum dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya