Selasa 08 September 2020, 20:35 WIB

Penularan Klaster Rumah Tangga Meningkat di Jakarta

Hilda Julaika | Megapolitan
Penularan Klaster Rumah Tangga Meningkat di Jakarta

MI/ANDRI WIDIYANTO
Mural bertema pencegahan penularan covid-19 di Tebet, Jakarta

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif mengatakan selama dua pekan terakhir penularan covid-19 di klaster rumah tangga meningkat. Penambahan kasus dari klaster ini bahkan mencapai 40%.

"Dua pekan inikan marak dari klaster keluarga. Sekarang hampir 40% dari klaster keluarga," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (8/9).

Pihaknya pun telah mengusulkan kepada Gubernur Anies Baswedan untuk melakukan PSBB lokal. Pemerintah dinilainya sudah harus melakukan rem mendadak kebijakan untuk sektor yang membandel.

"Saya sudah kasih masukan itu. Dan gubernur bilang sudah dimulai. Nanti gugus tugas tingkat RW akan diberdayakan. Karena kan sekarang dua pekan ini marak muncul klaster keluarga. Tetangga saya kena sekarang Isolasi di wisma atlet. Jadi memang klaster sudah berpindah," ungkapnya.

Ia pun memaparkan penyebab munculnya klaster keluarga ini lantaran sudah banyaknya pertemuan keluarga dilakukan. Seperti acara keluarga, akad, hingga pengajian. Mereka bergerak menggunakan transportasi lalu balik ke rumahnya bertemu anggota keluarga dan menyebarkannya.

"Seperti ada meeting-meeting keluarga, kayak akad,pengajian. Jadi orang yang bukan mobilitas yang formal bergerak pake transportasi misalnya orang pengajian satu RW sudah aktif sekarang ngaji tidak bisa dihindari sentuhan dia balik ke keluarga kena di keluarganya oleh karena itu saya bilang gerakkan Gugus Tugas di tingkat RW," tegasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/BRIYANBODO HENDRO

Disnaker Tutup Sementara 37 Perusahaan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 September 2020, 13:04 WIB
Selama lima hari Disnakertrans DKI Jakarta telah menutup 37 perusahaan karena memiliki karyawan terpapar...
MI/Susanto

Tak Gunakan Masker, Puluhan Warga Jakarta Disanksi Kerja Sosial

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 19 September 2020, 12:36 WIB
Puluhan pelanggar PSBB di Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat menerima sanksi kerja sosial selama 60 menit.  Mereka terjaring...
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Belum Ada Hotel di Depok Bersedia Jadi Tempat Isolasi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 19 September 2020, 11:58 WIB
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok menyatakan hingga saat ini belum ada hotel bintang dua maupun tiga yang bersedia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya