Selasa 08 September 2020, 17:13 WIB

PDPI Minta Pemerintah Ambil Langkah Tegas Kendalikan Covid-19

Atalya Puspa | Nusantara
PDPI Minta Pemerintah Ambil Langkah Tegas Kendalikan Covid-19

ANTARA FOTO
Sosialisasi protokol kesehatan

 

PERHIMPUNAN Dokter Paru Indonesia (PDPI) menilai bertambahnya jumlah kasus covid-19 setiap hari dan tidak terkontrolnya sebaran kasus, maka pemerintah harus menyadari penanganan pandemi covid-19 selama hampir tujuh bulan ini belum maksimal.

PDPI pun meminta pemerintah melakukan langkah tegas dan nyata dalam pengendalian pandemi covid-19. Pasalnya, tanpa langkah tegas, dikhawatirkan akan melumpuhkan sistem kesehatan dan kematian skala besar.

Ketua PDPI Agus Dwi Susanto menyatakan pemerintah sebaiknya membuat rencana strategi berdasarkan ilmu pencegahan penyakit dalam masyarakat.

"Selain klinisi profesional, libatkan para epidemiologis yang kompeten dalam hal penyakit infeksi menular. Pendekatan 3T dengan tracing, testing, dan treating (3T) harus dikerjakan secara bersamaan melibatkan para ahli-ahli di bidangnya," kata Agus dalam keterangan resmi, Selasa (8/9).

Agus menilai, langkah 3T harus dimaksimalkan karena terlihat belum berimbangnya jumlah uji diagnostik covid-19 di seluruh Indonesia sesuai standard WHO.

"Pemerintah juga harus meningkatkan upaya komunikasi terhadap publik dengan membuat media informasi dengan berdasarkan sumber dan data yang terpercaya dan disajikan dalam bentuk sederhana yang dapat dimengerti oleh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Covid-19 Berpotensi Menular Lewat Udara, PDPI Imbau Jangan Panik

Selanjutnya, jajaran pemerintah baik pusat maupun daerah harus memberikan contoh yang baik dalam penerapan disiplin protokol kesehatan karena tindak tanduknya menjadi panutan masyarakat.

Agus juga menyatakan, imbauan pemerintah bagi masyarakat Indonesia bahwa covid-19 bukan konspirasi jangan dianggap remeh.

"Covid-19 adalah musuh bersama, mari bergotong royong menghadapinya dengan sama-sama lindungi diri sendiri dan orang lain," katanya.

Adapun, kepada masyarakat, dirinya mengimbau agar selalu bekerja sama dengan pemerintah dalam hal mengurangi penularan transmisi covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur dengan air mengalir dan sabun atau hand.

"Selalu menjalankan pola hidup sehat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh seperti makan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, hindari stress, tidak merokok," ucapnya.

Selanjutnya, masyarakat juga diminta senantiasa mengikuti informasi yang diberikan pemerintah.

"Dukung pula tenaga kesehatan di semua level fasilitas kesehatan dengan cara menghormati dan menghargai para tenaga kesehatan," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

MA-Muji Siap Jadikan Surabaya Kota Percontohan Layanan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 September 2020, 15:25 WIB
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman (MA-Muji), berkomitmen sejahterakan ASN agar memberi...
MI/Supardji Rasban

Bantuan Paket Sembakao, Legislator Ingatkan Kader harus Solid

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 18 September 2020, 15:15 WIB
BANTUAN sembakao bagi warga kurang mampu di tengah pademi covid-19 terus dilakukan sejumlah pihak di...
ANTARA/Kornelis Kaha

Jumlah Kasus Positif Korona Naik, NTT Belum akan Terapkan PSBB

👤Palce Amalo 🕔Jumat 18 September 2020, 15:05 WIB
Peningkatan kasus covid-19 di NTT paling banyak berasal dari pelaku perjalanan dan transmisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya