Selasa 08 September 2020, 16:51 WIB

Dua Blantik Sapi di Boyolali Positif Covid-19

Widjajadi | Nusantara
Dua Blantik Sapi di Boyolali Positif Covid-19

MI/Widjajadi
Ratusan blantik sapi di Pasar Hewan Sunggingan dilakukan tes usap oleh tim kesehatan Dinkes Boyolali, Selasa (8/9)

 

RATUSAN blantik sapi dan pengunjung Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali, menjalani tes usap, usai ditemukan dua blantik terkonfirmasi positif covid-19, Selasa (8/9).

"Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (B2TKSP2) Yogyakarta melaksanakan screening massal aktivitas blantik sapi maupun pembeli di Pasar Hewan Sunggingan Boyolali, " kata Kepala Dinkes Boyolali dr Ratri S Survivalina, Selasa (8/9).

Tim petugas kesehatan dari Dinkes maupun B2TKSP2 melakukan tes usap terhadap para blantik, pembantu blantik, pengelola pasar dan pengunjung pun memberikan penyuluhan kesehatan.

"Hasil tes usap, akan menjadi dasarnya untuk menentukan tracing selanjutnya tentang kontak erat dengan pedagang pasar hewan yang terkonfirmasi positif covid-19," imbuh dia.

Baca juga: Warga Keluhkan Pembukaan Kembali Pasar Hewan Ciwareng

Gerak cepat ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya penularan setelah ditemukan dua pedagang yang terkonfirmasi positif asal Kecamatan Kemiri dan Musuk, dan masing-masing sudah membuat klaster sendiri.

Sebanyak tujuh warga Kemiri melakukan kontak erat dengan blantik asal daerah tersebut dan hasilnya semuanya positif. Kemudian yang dari Musuk, terdapat 10 orang lain yang berkontak erata dan positif covid-19.

Pasar Hewan Sunggingan menjadi pusat transaksi jual beli sapi. Hampir tiap hari ada 800 ekor sapi masuk dibawa ratusan blantik, untuk ditawarkan kepada para pembeli.

Ratri menambahkan, dengan adanya 23 kasus positif covid-19 pada hari ini, Selasa (8/9), akumulasi kasus menjadi total 626 positif. Tambahan yang konfirmasi positif ini tersebar di Boyolali, kebanyakan tertular kontak erat dengan kasus teridentifikasi positif sebelumnya.(OL-5)

Baca Juga

PRESIDENTIAL PALACE/AGUS SUPARTO

Menyiapkan Wisata Premium Labuan Bajo

👤JL/Ant/N-2 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:30 WIB
Ia meminta penataan di kawasan wisata ini disesuaikan dengan kondisi alamnya sehingga terlihat natural bagi wisatawan yang akan...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Berharap Harga Sayuran Membaik

👤BN/JS/PO/N-3 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:15 WIB
Biasanya, dalam seminggu, pedagang mengirim dua kali, tapi sepekan terakhir meningkat menjadi empat...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kementerian Sosial Bantu Korban Bencana

👤PS/LD/BB/BK/YH/OL/N-2 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:00 WIB
Nasib mereka ternyata mendapat perhatian dari Kementerian Sosial. Kemarin, bantuan bahan bangunan rumah senilai Rp466 juta diserahkan untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya