Selasa 08 September 2020, 15:50 WIB

9,2% Kasus Covid-19 Anak-Anak, Wagub DKI: Orang Tua Lebih Waspada

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
9,2% Kasus Covid-19 Anak-Anak, Wagub DKI: Orang Tua Lebih Waspada

MI/Andri Widiyanto
Anak-anak korban penggusuran asyik bermain saat KRL commuter line lewat.

 

PENYEBARAN covid-19 di wilayah DKI Jakarta melaju cepat. Tecermin dari jumlah kasus positif di Ibu Kota yang lebih dari 47 ribu orang.

Dari total kasus covid-19 tersebut, sekitar 9,2% penderita adalah anak-anak berusia 0-9 tahun. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria pun menyatakan keprihatinannya.

Dia pun meminta warga DKI, terutama orang tua, semakin waspada terhadap penularan covid-19. "Kemarin (7/9), saya buka situs corona.jakarta.go.id untuk mengecek berapa anak yang positif covid-19. Sebanyak 4.397 kasus di Jakarta adalah anak usia 0-19 tahun,” ujar Ariza, sapaan akrabnya, dalam akun Instagram resmi, Selasa (8/9).

Baca juga: Covid-19 di Jakarta Tinggi, Anies Klaim Masih Aman Terkendali

“Ibu, Bapak, yang kami hormati. Ayo kita semakin waspada, jelaskan kepada anak-anak kita. Mengapa harus pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan," imbuh Ariza.

Untuk menginformasikan bahaya covid-19 sekaligus cara pencegahan, dia mengimbau orang tua agar lebih kreatif. Misalnya, membuat video kreatif. Ariza juga meminta orang tua disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan cuci tangan.

"Kepada orang tua yang beraktivitas di luar rumah wajib menerapkan 3M. Pastikan sampai rumah langsung mandi, merendam baju agar tidak membawa kuman," pungkasnya.

Untuk orang tua yang memiliki balita, lanjut dia, sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah. Sebab, kasus kematian akibat covid-19 terhadap balita tergolong tinggi.

Baca juga: Positivity Rate DKI Dekati Angka Nasional, DPRD: Tegakkan Aturan

"Data DKI menunjukkan batas usia yang mengkhawatirkan 0-9 tahun. Ciptakan kegiatan bermanfaat, produktif dan menyenangkan dari rumah," tutur Ariza.

Dia mengamini bahwa memakai masker sepanjang hari memang tidak nyaman. Namun, lebih tidak nyaman jika terpapar covid-19 dan harus dirawat di rumah sakit. Ariza pun mengimbau warga agar melakukan gerakan 3R. 3R.

"Mari kita hindari 3 R. Apa itu 3 R? Ruangan sempit, Ramai-Ramai dan Rumpi-Rumpi jarak dekat," tutupnya.(OL-11)


 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Bansos ke Warga Kepulauan Seribu

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:14 WIB
Meringankan beban ekonomi warga akibat dampak Covid 19, lanjut Sandiaga, merupakan tanggung jawab moral yang harus...
Antara/Galih Pradipta

Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:26 WIB
Tujuan diberikannya penanda itu agar masyarakat dan petugas kesehatan dapat segera mengetahui apabila di dalam rumah tersebut ada warga...
Dok. Polda Metro Jaya

Tak Kunjung Ditemukan, Polisi Sebar Foto Napi WN Tiongkok

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:05 WIB
Cai Chang Pan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September lalu. Dia berhasil kabur melalui gorong-gorong yang sudah digali selama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya