Selasa 08 September 2020, 14:50 WIB

Anies Berharap Wilayah Bodetabek Ikut Tingkatkan Test Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Berharap Wilayah Bodetabek Ikut Tingkatkan Test Covid-19

MI/Susanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong wilayah penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) dan wilayah lainnya untuk meningkatkan testing covid-19. Hal ini pun dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang meminta kemampuan testing ditingkatkan untuk mendeteksi kasus covid-19 sedini mungkin. Sehingga bisa secepatnya dilakukan perawatan kesehatan.

“Tentu kita berharap bahwa seluruh wilayah bukan hanya Jakarta dan wilayah penyangga Bodetabek karena kalau berbicara wabah ini ya semua wilayah yang di situ terjadi wabah maka mau tidak mau harus digenjot," ujar Anies, di Jakarta, Selasa (8/9).

Menurutnya, DKI Jakarta sudah melakukan ini dengan meningkatkan testing PCR dari hari ke harinya. Namun, hal yang sama harus dilakukan oleh daerah lain mengingat karakteristik virus. Ditambah adanya mobilisasi orang antar wilayah.

"Kami harap yang lain (daerah lain) juga laksanakan (testing Covid-19) agar tidak pingpong nih. Kita mencoba menekan tapi bolak-balik ada yang terus berdatangan ke Jakarta," ungkap Anies.

Baca Juga: Gairahkan Ekonomi, Karawang Gelar Pasar Subuh Ikan Hias

Ia pun memaparkan saat ini sebanyak 10%-15% pasien positif covid-19 yang dirawat berasal dari luar Jakarta. Angka ini menurutnya naik-turun. Bahkan pasien yang dirawat karena terpapar covid-19 di Jakarta yang berasal dari luar Jakarta pernah mencapai 30%.

“Artinya bagi DKI Jakarta ini warga yang membutuhkan pelayanan perawatan untuk menyelamatkan sesama. Kita berharap kemampuan testing ditingkatkan sesuai dengan instruksi presiden,” harapnya. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arif F

Hadi Pranoto Kembali Mengeluh Sakit Saat Diperiksa Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 24 September 2020, 14:25 WIB
"Di tengah pemeriksaan, yang bersangkutan menyampaikan kurang sehat, kesehatannya menurun, gula darah tinggi. Itu penyampaian HP dan...
Antara/Aprillio Akbar

Kebakaran Landa Pasar Cempaka Putih, 807 Kios Hangus

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 September 2020, 14:06 WIB
Saat ini, petugas pemadam tengah melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Kerugian akibat kebakaran yang terjadi pada Kamis (24/9) pagi,...
MI/Pius Erlangga

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Perbaiki Pompa di 15 Underpass

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Kamis 24 September 2020, 13:01 WIB
Ada 65 pompa yang tersebar di 15 underpass di wilayah Jakarta. Masing-masing underpass memiliki jumlah pompa berbeda, antara tiga sampai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya