Selasa 08 September 2020, 12:07 WIB

Anies Sudah Siapkan Alternatif Makam Covid-19

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Anies Sudah Siapkan Alternatif Makam Covid-19

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Petugas pemakaman penanganan jenazah pasien covid-19 menurunkan peti jenazah ke dalam pusara di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan lahan makam pasien covid-19 sudah disiapkan untuk mengantisipasi penuhnya liang lahat untuk korban covid-19 di Jakarta.

"Semua lokasi sudah disiapkan sejak Maret," kata dia di Jakarta, Selasa (8/9).

Namun, ia tidak menyebutkan lokasi alternatif. Anies mengungkapkan Pemprov DKI masih melihat perkembangan saat ini dan menjamin tidak akan terjadi kekurangan lahan.

Baca juga: Anies Bantah Lahan Pemakaman Covid-19 Kritis

Ia juga meminta agar masyarakat tidak berspekulasi terkait penuhnya lahan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, dalam waktu dekat.

"Jangan spekulasi dulu, seakan-akan tidak ada tempat lagi (pada Oktober)," kata dia.

Sebelumnya, pengelola TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, mengemukakan kuota liang lahat untuk memakamkan jenazah pasien terpapar covid-19 tersisa 1.100 lubang hingga Jumat (4/9) siang.

"Lahan kami untuk jenazah covid-19 tersisa 1.100 lubang makam untuk muslim dan nonmuslim," ujar Komandan Regu TPU Pondok Ranggon, Nadi, 47.

Nadi memprediksi sisa liang lahat tersebut akan habis dalam tempo kurang dari dua bulan. Nadi menghitung jumlah rata-rata jenazah korban covid-19 yang dimakamkan pada Agustus 2020 berkisar 27-28 jenazah per hari.

"Tanggal 31 Agustus itu rekor selama saya bertugas sejak Maret, ada 36 jenazah," katanya. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:26 WIB
Tujuan diberikannya penanda itu agar masyarakat dan petugas kesehatan dapat segera mengetahui apabila di dalam rumah tersebut ada warga...
Dok. Polda Metro Jaya

Tak Kunjung Ditemukan, Polisi Sebar Foto Napi WN Tiongkok

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:05 WIB
Cai Chang Pan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September lalu. Dia berhasil kabur melalui gorong-gorong yang sudah digali selama...
istimewa

Ada Demo Anti Trump Di Lido Resort

👤Aries Wijaksena 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 17:48 WIB
Donald Trump dan Harry Tanoe disebut-sebut sebagai pemilik Lido Resort. Lido Resort sebelumnya milik Bakri Group sebelum diakuisisi MNC...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya