Selasa 08 September 2020, 09:12 WIB

Usman Kansong Terpilih Jadi Anggota MWA USU

Puji Santoso | Humaniora
Usman Kansong Terpilih Jadi Anggota MWA USU

MI/Puji Santoso
Daftar perolehan suara anggota Majelis Wali Amanat Universitas Sumatra Utara, Usman Kansong mendapat 9 suara.

 

KETUA Ddewan Redaksi Media Group Usman Kansong terpilih menjadi salah satu anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatra Utara (USU) Medan periode 2020-2025 Dalam pemilihan anggota MWA USU yang dilaksanakan Senin (7/9) itu, Usman meraih sembilan suara. Sedangkan suara tertinggi (12 suara) diraih oleh Arya Sinulingga, alumni ITB Bandung yang saat ini menjabat staf khusus Menteri BUMN.

Sebelum pemilihan, Usman Kansong melakukan pendaftaran bersama dengan 34 orang lainnya yang mewakili masyarakat umum untuk dapat duduk menjadi anggota MWA USU. hui, MWA USU memiliki tugas dan wewenang yang sangat penting di antaranya menetapkan kebijakan umum universitas, mengangkat dan memberhentikan rektor, mengesahkan rencana jangka panjang, rencana strategis, rencana kerja, dan anggaran universitas, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian umum atas pengelolaan universitas.

Sebelumnya USU telah membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menjadi anggota MWA yang mewakili unsur masyarakat untuk periode 2020-2025. Proses seleksi dimulai dari tahapan kelengkapan berkas. Sebanyak 28 orang dari 34 pendaftar dinyatakan lulus berkas. 

Selain Usman Kansong yang memperoleh 9 suara, calon anggota MWA USU yang memperoeh suara diantaranya adalah Abdul Hakim Siagian (9), Jaleswari Pramodhawadhani (9), Muhammad Abdul Ghani (9), Nurdin Lubis (1), Reni Sitawati Siregar (9), Nurmala Kartini (11 suara), Irmansyah Batubara (11 suara), Haryadi (10 suara), dan Idham (10 suara). Sedangkan 17 calon lainnya sama sekali tidak memperoleh suara.

Anggota MWA USU berjumlah 21 orang yang terdiri atas Menteri, Rektor, delapan orang Wakil Senat Akademik, dan 11 sebelas orang Wakil Masyarakat. Satu Anggota Wakil Masyarakat adalah Gubernur Sumatera Utara yang diangkat secara ex-officio.

Usman Kansong semerupakan putra asal Nusa Tenggara Barat (NTB) kelahiran Jakarta 13 April 1970. Dia alumni Ilmu Komunikasi FISIP USU tahun 1994 dan alumni Ilmu Sosiologi pascasarjana Universitas Indonesia tahun 2005. Saa ini Usman tengah menyelesaikan disertasi doktornya pada bidang ilmu komunikasi Universitas Indonesia. Usman pernah menjadi mahasiswa teladan pada tahun 1992 dan berhasil mewakili USU untuk meraih penghargaan dari Presiden Soeharto.

baca juga: Regenerasi Media Group, Usman Kansong Jadi Ketua Dewan Redaksi

Selain menjadi jurnalis, Usman Kansong termasuk sosok yang produktif dalam menulis sejumlah buku. Tercatat sudah sekitar delapan buku ditulisnya. Buku terakhir yang ditulisnya adalah berjudul Medan Pasang Surut Kota Perkebunan (2020).

Meskipun bukan asli Medan, Usman Kansong banyak memberikan perhatian terhadap Sumatra Utara, khususnya Kota Medan. Usman sudah terlanjur mencintai Medan dengan segala dinamikanya. Sunting Demi Asih, adalah perempuan asal Kabupaten Langkat yang dinikahinya tahun 1997 dan memberinya tiga putra putri. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Klaster Pendidikan Dicabut dari RUU Ciptaker

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 25 September 2020, 06:20 WIB
Peran pemerintah dalam mereformasi distribusi dana BOS sudah tepat dengan mengedepankan prinsip keadilan bukan dihitung berdasarkan jumlah...
ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Surat Nikah Inggit-Soekarno Dijual

👤Ant/H-1 🕔Jumat 25 September 2020, 06:10 WIB
Arsiparis dari Dispusip Kota Bandung, Juni Akbar, menyarankan hal tersebut karena dokumen surat dari tokoh pendiri bangsa itu memiliki...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Gaungkan Kesadaran Kontrasepsi

👤Wan/H-2 🕔Jumat 25 September 2020, 06:00 WIB
Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggaungkan kembali kesadaran berkontrasepsi seiring dengan kompleksnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya