Selasa 08 September 2020, 05:15 WIB

Joko Widodo Sambut Mahasiswa Baru

(AU/N-2) | Nusantara
Joko Widodo Sambut Mahasiswa Baru

ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.
OPSPEK DARING MAHASISWA BARU UGM:

 

PESAN ini dilontarkan Joko Widodo, alumnus Universitas Gadjah Mada, kemarin. Di depan 9.068 mahasiswa baru UGM, dia menyatakan belajar  di perguruan tinggi ialah  kesempatan emas.

“Kampus tempat membangun kepemimpinan dan jaringan, sekaligus menyiapkan masa depan. Menjadi mahasiswa berarti membuka kesempatan untuk memperkukuh
keindonesiaan melalui pertemanan dengan mahasiswa dari seluruh Tanah Air,” ujar Joko yang akrab dipanggil Jokowi dan kini menjabat Presiden RI.

Presiden menyampaikan orasi kebangsaan itu secara daring. Dalam mengawali masa perkuliahan, mahasiswa baru UGM mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) yang digelar secara daring, di tengah pandemi.

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengulang kembali ingatannya saat diterima sebagai mahasiswa baru di kampus yang sama, 40 tahun silam. “Saya selalu memegang
teguh apa yang diperoleh ketika kuliah di UGM.

Bahwa menjadi mahasiswa UGM harus berprestasi. Boleh menjulang tinggi, tapi tidak boleh melupakan akarnya.” Akarnya, lanjut dia, ialah kerakyatan, kecintaan kepada rakyat, bangsa, dan negara. Di sisi lain, mahasiswa dituntut untuk terus memperbarui pengetahuan dengan memanfaatkan sarana yang tersedia. Tahun ini, UGM menerima 7.927 mahasiswa program sarjana dan 1.141 mahasiswa program diploma empat/sarjana terapan dari jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, serta program afi rmasi pendidikan tinggi.

Mahasiswa baru berasal dari seluruh provinsi, dengan persentase terbesar masih dari Pulau Jawa. Selain itu, ada 48 mahasiswa asing dari 21 negara. (AU/N-2)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fachrurrozi

Meski Zona Hijau, Kaltara Terapkan Disiplin

👤Ihfa Firdausya 🕔Senin 21 September 2020, 04:45 WIB
Per 18 September 2020, jumlah kumulatif kasus aktif covid-19 di Kaltara sebanyak 66...
Antara

Pemprov Sumbar Terbitkan Perda Pelanggar Protokol Kesehatan

👤Yose Hendra 🕔Minggu 20 September 2020, 23:27 WIB
Jika masih kedapatan tidak bermasker, siap-siap saja didenda atau sanksi...
MI/Adi Kristiadi

Ayam Ras Bertelur Jumbo Hebohkan Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 20 September 2020, 21:50 WIB
WARGA Kampung Kudang, Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan seekor ayam ras yang bertelur ukuran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya