Selasa 08 September 2020, 07:19 WIB

Baru 10 Calon Kepala Daerah di Maluku Utara Jalani Swab Test

Hijrah Ibrahim | Nusantara
Baru 10 Calon Kepala Daerah di Maluku Utara Jalani Swab Test

MI/Hijrah Ibrahim
Bakal calon kepala daerah Kota Ternate M Tauhid Soleman menjalani tes urine di kantor BNNP Maluku Utara, Senin (7/9/2020)

 

DARI 46 bakal calon kepala daerah di delapan daerah Provinsi Maluku Utara, baru 10 pasangan yang menjalani swab test sebanyak dua kali di laboratorium RSUD Chasan Boesoirie Ternate, dengan hasil negatif. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Maluku Utara, dr Alwiah Asagaf mengatakan, dalam kondisi di tengah pandemi Covi-19 ini proses pemeriksaan sweb tes bakal calon kepala daerah dilakukan sebanyak dua kali.

"Bila hasil swab test dari para calon ini ada yang positif covid-19 maka pemeriksaan kesehatan akan diundur 21-25 September sambil menunggu mereka menjalani isolasi selama 10 hari," kata Alwiah di RSUD Chasan Boesoirie, Senin (7/9).

Sepuluh calon kepala daerah ini telah dinyatakan negatif covid-19 sehingga mereka akan melanjutkan pemeriksaan urin dan narkotika di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara. Dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan.

"Pemeriksaan urine bakal calon kapala daerah ini kita lakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari RSUD Chasan Boesoirie kalau bakal calon kepala daerah itu benar-benar negatif covid-19," sambung Hairudin Umaternate, ketua tim pemeriksa urine BNNP

Hairudin Unaternate menyebutkan 10 bakal calon kepala daerah negatif covid-19 dan telah menjalani tes urine adalah M Tauhid Soleman dan Merlisa Marsaoly (Kota Ternate), M Djabir Taha dan M Guntur Alting (Kota Tidore Kepulauan), Damny Missy dan Imran Lolori, serta James Uang dan Djufri Muhammad (Halmahera Barat), serta Moh Abdu Nasar dan Anjas Taher (Halmahera Timur).

baca juga: Pendaftaran Pilkada di Tiga Daerah Papua Barat Dibuka Ulang

Sementara bakal calon kepala daerah yang belum melakukan tes urine akan dilanjutkan pada 8 hingga 11 September dengan syarat telah melakukan swab test covid-19 sebanyak dua kali dan hasilnya negatif.  Ada delapan wilayah yang menggelar pemilihan kepala daerah di Maluku Utara yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu. Total ada 46 orang yang maju dalam pilkada di Maluku Utara. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara/Oky Lukmansyah

Buntut Acara Dangdutan, Kapolsek Tegal Selatan Dicopot

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 26 September 2020, 14:55 WIB
Divisi Propam Polri akan memeriksa mantan Kapolsek Tegal Selatan Joeharno. Keputusan itu menyusul acara dangdutan yang digelar...
MI/Gabriel Langga

Maumere Masuk Zona Merah Covid-19, Pesta Pernikahan Dibubarkan

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 26 September 2020, 14:07 WIB
Berdasarkan patroli petugas kepolisian pada Jumat (25/9) malam, ada empat pesta pernikahan yang berlangsung tanpa penerapan protokol...
MI/Martinus Solo

Kasus Covid-19 Naik, Muncul Klaster Perkantoran di Kota Sorong

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 26 September 2020, 13:57 WIB
Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Sorong Rudy Laku mengatakan transmisi lokal terus terjadi, bahkan sudah memunculkan klaster...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya