Senin 07 September 2020, 16:55 WIB

DPR Tegaskan Tidak Boleh Ada Kerumunan Saat Kampanye

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Tegaskan Tidak Boleh Ada Kerumunan Saat Kampanye

ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding/
Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat, Elisa Kambu dan Thomas Eppe Safanpo

 

DPR menegaskan tidak boleh ada kerumunan dalam pelaksanaan kampanye pilkada serentak 2020. Penyelenggara Pilkada dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diharapkan mampu mencegah pasngan calon melakukan pengerahan massa.

"Pelajaran bagi kita bahwa dalam pilkada kali ini sebaikya memang tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan peserta banyak," tutur Dasco di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/9).

Dasco melanjutkan, sebaiknya penyampaian visi misi program pasangan calo dapat dilakukan melalui media yang sudah disediakan oleh penyelenggara dalam hal ini KPU. Hal itu mengingat, pertumbuhan angka penularan baru covid-19 yang masih terus bertambah yang ternyata juga dialami oleh 37 calon kepala daerah.

"Kita prihatin terhadap calon kepala daerah yang positif. Kita minta supaya para calon yang positif itu menjalankan protokol yang sudah ditetapkan oleh Kemenkes maupun tim gugus tugas covid," ungkapnya.

Berkaca dari pelaksanaan tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang berlangsung pada 4 hingga 6 September lalu, Dasco menilai suasana tertib protokol kesehatan pencegahan penularan covid sulit diwujudkan. Meski menggunakan masker, namun kerumunan sulit terhindarkan.

"Sulit mengatur pendukung. Memang ada masker tapi untuk jaga jarak saya lihat masih banyak yang dilanggar," papar Dasco.

Oleh karena itu, Dasco menilai perlu ada peran dari setiap paslon untuk terus mengingatkan masa pendukung agar tidak perlu turun ke jalan atau berkerumun dalam masa kampanye. Kerumunan saat kampanye dapat menciptakan penularan covid-19 klaster pilkada serentak.

"Jangan sampai ada klaster baru yang terjadi selama pelaksanaan pilkada serentak," ujarnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara    

DKPP Himbau Parpol Tertib Laporkan Daftar Kepengurusan

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 29 September 2020, 11:10 WIB
DKPP meminta semua parpol tertip melaporkan daftar silon dan Sipol agar tidak menyulitkan...
Dok MI

DPR Minta Pengawasan Prokes Selama Pilkada tidak Kendor

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 29 September 2020, 10:07 WIB
Pengawas diminta tidak bosan mengingatkan peserta atau masyarakat mematuhi protokol kesehatan selama...
Ist

Lembaga Administrasi Negara (LAN) Raih Penghargaan BPS Award 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 09:38 WIB
Penghargaan diberikan kepada LAN, atas kontribusi dan peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya