Senin 07 September 2020, 12:15 WIB

Harga Minyak Dunia Turun, Terendah Sejak Juli

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Harga Minyak Dunia Turun, Terendah Sejak Juli

MI/Dwi Apriani
SPBU

 

HARGA minyak turun lebih dari $1 per barel pada hari Senin (7/9), mencapai level terendah sejak Juli. Hal itu disebabkan setelah Arab Saudi melakukan pemotongan harga bulanan untuk pasokan ke Asia.

Dilansir dari Reuters, minyak mentah Brent LCOc1 berada di $41,75 per barel, turun 91 sen atau 2,1% per 0000 GMT. Untuk Minyak mentah West Texas Intermediate AS CLc1 turun 91 sen, atau 2,3% menjadi $ 38,86 per barel.

Baca juga: Hadapi Persaingan, CKB Logistik Siapkan SDM dan Teknologi

Harga bulan depan mencapai level terendah $ 38,55 per barel, level yang tidak terlihat sejak 10 Juli.

“Dengan Hari Buruh (liburan) di AS secara resmi menandai akhir musim mengemudi musim panas, investor juga menghadapi fakta bahwa permintaan telah lesu, sementara persediaan tetap pada tingkat yang tinggi,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan, Senin (7/9).

Eksportir minyak utama dunia Arab Saudi Aramco, memangkas harga jual resmi bulan Oktober untuk minyak mentah Arab Light yang dijualnya ke Asia dengan margin terbesar sejak Mei. Asia diketahui adalah pasar terbesar Arab Saudi menurut wilayah.

Organisasi negara eksportir minyak dan pendukungnya OPEC+, mengurangi kuota pemangkasan minyak dari 9,7 juta barel per hari (bpd) pada Juli lalu menjadi 7,7 juta bpd mulai Agustus setelah harga minyak global meningkat dari posisi terendah bersejarah terkait virus korona.

Perusahaan energi AS minggu lalu menambahkan rig pengeboran minyak dan gas alam untuk kedua kalinya dalam tiga minggu terakhir, menurut laporan mingguan oleh Baker Hughes Co (BKR.N) pada hari Jumat lalu. (Reuters/OL-6)
 

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

Pemerintah Tanggung Bea Masuk Impor Industri Terdampak Pandemi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 29 September 2020, 22:45 WIB
PMK tersebut diterbitkan sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penerimaan negara, serta menjaga stabilitas...
AFP/Tauseef Mustafa

Pemerintah Buka Peluang Terapkan Rapid Test Antigen

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 29 September 2020, 20:46 WIB
"Kami baru saja mendapat kabar dari World health Organization (WHO) bahwa rapid tes antigen bisa menunjukkan hasil tes dalam waktu...
Antara/Adwit B Pramono

Besok Hingga 2 Pekan Ke depan, Tol Manado-Danowudu Gratis

👤Insi nantika Jelita 🕔Selasa 29 September 2020, 20:39 WIB
"Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat. Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya