Senin 07 September 2020, 01:55 WIB

THE Tempatkan UI Terbaik di Indonesia

(Aiw/H-1) | Humaniora
THE Tempatkan UI Terbaik di Indonesia

ANTARA/HO-Humas UI/am.
Gedung Rektorat Universitas Indonesia.

 

LEMBAGA Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021. Dalam pemeringkatan tersebut, Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801-1.000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

UI merupakan satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk grup ini. Sebanyak 1.500 perguruan tinggi di 93 negara di dunia yang masuk pemeringkatan THE WUR 2021.

"Ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia," kata Rektor UI Ari Kuncoro dalam keterangan tertulis yang dikutip Media Indonesia, kemarin.

Lebih lanjut, Ari menuturkan, di tengah situasi yang tidak mudah akibat pandemi covid-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

UI memperoleh total skor 25,1-30,1 dengan capaian setiap indikator, yaitu performa pengajaran 37,6, penelitian 20,7, performa sitasi karya ilmiah 15,2, sinergi dunia industri 84,5, dan cakupan internasionalisasi 51,3.

Pengamat pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Darmawan menilai capaian UI dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia patut diapresiasi. Capaian ini juga menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sudah layak diperhitungkan di kancah internasional.

"Ini indikasi bahwa perguruan tinggi kita kalau kita berupaya optimal sebetulnya kita mampu bersaing dengan negara lain," kata Cecep.

Cecep berpendapat, untuk terus mendorong peningkatan dan pemerataan kualitas perguruan tinggi di Tanah Air, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah baik dari segi anggaran maupun kebijakan. (Aiw/H-1)

Baca Juga

Dok.ist.

Pelajaran Sejarah akan Tetap Ada di dalam Kurikulum

👤mediiaindonesia.com 🕔Sabtu 19 September 2020, 21:11 WIB
Totok Prayitno mengatakan penyederhanaan kurikulum masa tahapan awal karena membutuhkan proses dan pembahasan yang...
Ist

Indonesia Diharap Kembali Terdepan dalam World Cleanup Day 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 September 2020, 20:09 WIB
Indonesia kembali menjadi yang terdepan bagi kegiatan ini di dunia.Sejak dua tahun berturut-turut, 2018-2019, Indonesia menjadi negara yang...
Antara/Maulana Surya

FSGI Pertanyakan Rencana Kemendikbud Hapus Pelajaran Sejarah

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 19 September 2020, 19:34 WIB
"Menghilangkan mata pelajaran sejarah di SMK itu juga kami pertanyakan. Kenapa ? Karena itu sama saja menjadikan anak-anak SMK hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya