Senin 07 September 2020, 01:00 WIB

Sanksi biar Lebih Peduli

AHMAD YAKUB | Nusantara
Sanksi biar Lebih Peduli

Ahmad Yakub
Tampak Bupati Lamongan Fadeli, membagikan masker dan sembako secara langsung kepada masyarakat.

 

KARENA geregetan, Fadeli tidak mau berdiam diri. Bupati Lamongan, Jawa Timur, itu turun ke sejumlah pasar, kemarin pagi. Ia melihat, menegur, dan memberikan sanksi sosial kepada warga yang didapati tidak mengenakan masker.

Sanksi sosial berupa menyanyi lagu Garuda Pancasila di tengah lalu lalang warga lain. Fadeli memang tidak boleh berpangku tangan.

Lamongan masih harus bekerja keras menangani pandemi. Sampai akhir pekan lalu, angka kejadian di daerah ini sudah mencapai 343 kasus.

Sebanyak 253 orang sudah sembuh, 55 meninggal, dan 35 harus dirawat. “Warga Lamongan harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Jika ada perusahaan dan pengusaha yang tidak taat, saya sendiri yang akan mencabut izin usaha mereka,” ancam Fadeli.

Masih di Jawa Timur, Sidoarjo tetap konsisten mengawal kebijakan razia dan menghukum pelanggar protokol kesehatan dengan berdoa di permakaman khusus covid-19 di Delta Praloyo. Sabtu (5/9) malam, ada 102 pelanggar, 8 di antaranya perempuan.

“Mereka dirazia di kawasan yang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda. Selain tidak melaksanakan jaga jarak, mereka juga tidak mengenakan masker,” ujar Wakil Kapolresta AKB Deny Agung. Pelanggar diangkut ke atas truk.

Di Delta Praloyo mereka diberi tauziah oleh Gus Peyek, ustaz setempat. Sidoarjo memang tidak boleh berleha. Penjangkitan di daerah itu termasuk paling tinggi di Jawa Timur. Sampai kemarin sudah ada 5.374 kasus, dengan 350 di antaranya meninggal dunia.

BIN ke Sirnamiskin

Di sejumlah daerah, komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan terus digaungkan. “Harus terus dilaksanakan karena di lapangan ternyata masih banyak warga yang tidak mengindahkannya,” kata juru bicara Tim Velox Pejaten Badan Intelijen Negara Abdul Razzaq. Kemarin,

BIN melakukan upaya itu di Pondok Pesantren Sirnamiskin, Kota Ban dung, Jawa Barat. Mereka menggelar sosialisasi dan penyemprotan disinfektan. “Kami rutin menggaungkan protokol kesehatan pada masa kehidupan kenormalan baru.

Apalagi, saat ini angka penyebaran covid-19 masih tinggi,” tambahnya. Khusus di Sirnamiskin, BIN mengerahkan 25 personel dan tiga mobil dekontaminasi untuk mensterilkan kawasan pondok.

“Pondok pesantren harus diantisipasi dengan pembersihan secara rutin dan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tandas Abdul. Di Kebumen, Jawa Tengah, tambahan 30 kasus baru selama sepekan lalu membuat pemerintah kabupaten harus memperketat protokol kesehatan. “Razia masker dan terus mengimbau warga untuk jaga jarak akan kami lakukan secara disiplin,” kata juru bicara gugus tugas, Cokro Aminoto.

Kondisi yang sama juga harus dihadapi Gubernur Wayan Koster. Di Bali, klasterklaster baru muncul setelah kenormalan baru dilakukan. “Ada peningkatan drastis. Di pekan ini, pernah dalam satu hari ada 196 kasus baru,” tuturnya. Karena itu, hari ini, Bali memberlakukan peraturan gubernur. Salah satu pasalnya menetapkan sanksi denda Rp100 ribu bagi orang yang tidak mengenakan masker. (HS/BY/LD/RS/N-3)

Baca Juga

MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Belajar Ketahanan Pangan Dari Po Teumerehom Teungku Di Kandang

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 29 September 2020, 07:24 WIB
Memasuki musim tanam, masyarakat di Kampung Kandang, Aceh menggelar kenduri blang agar saat turun ke sawah menanam padi bisa berjalan...
MI/Marcelinus Kelen

Situasi Keamanan di Intan Jaya Berangsur Normal

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 29 September 2020, 07:12 WIB
Setelah beberapa kali terjadi gangguan keamanan dan mengakibatkan korban jiwa, kondisi di Kabupaten Intan Jaya kembali kondusif. Bupati...
MI/Hijrah Ibrahim

Kasus Ijazah Palsu Cabup Halsel akan Diperiksa Selepas Pilkada

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 29 September 2020, 06:37 WIB
Meski begitu, polisi akan menggelar penyelidikan dengan mengumpulkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya