Minggu 06 September 2020, 23:31 WIB

Untar Masuk 3 Besar Universitas Terbaik di LL Dikti III Jakarta

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Untar Masuk 3 Besar Universitas Terbaik di LL Dikti III Jakarta

Dok. Wikipedia
Kampus Universitas Tarumanagara

 

UNIVERSITAS Tarumanagara (Untar) meraih peringkat ke-3 dari 50 Perguruan Tinggi terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Provinsi D.K.I Jakarta Tahun 2020.

Peringkat ini berdasarkan hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2020. Sebelumnya, Untar diumumkan menempati peringkat ke-31 secara nasional dan ke-7 perguruan tinggi swasta.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan secara khusus mengucapkan apresiasinya atas pencapaian tersebut. Menurutnya, itu merupakan kontribusi seluruh sivitas akademika Untar dan juga alumni Untar dalam meningkatkan kualitas kegiatan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan Untar,

"Sehingga dapat memperoleh capaian reputasi seperti saat ini. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat yang telah memercayakan berbagai kegiatan dan memilih Untar sebagai tempat melanjutkan studi di perguruan tinggi,” kata Agustinus Purna Irawan melalui keterangan resminya hari ini.

Agustinus yang baru saja dilantik sebagai Rektor periode keduanya untuk 2020-2024 bertekad akan terus meningkatkan kualitas di berbagai bidang sehingga dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang, khususnya berbagai kegiatan yang mengarah pada reputasi international.

"Melalui kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, Untar siap masuk ke reputasi international," tandas Agustinus.

Baca juga : UBL Jadi Salah Satu Universitas Terbaik di LL Dikti III Jakarta

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam menjelaskan, tujuan utama klasterisasi perguruan tinggi berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

"Klasterisasi menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan," ujarnya.

Guru Besar UGM ini menjelaskan terdapat empat aspek utama yang digunakan untuk menilai kinerja perguruan tinggi pada klasterisasi tahun 2020 ini, antara lain mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Hal senada diutarakan Kepala LLDIKTI Wilayah III Agus Setyo Budi bahwa klasterisasi disusun untuk perbaikan berkelanjutan bagi kinerja masing-masing Perguruan Tinggi secara holistik.

Berdasarkan data yang dirilis Humas LLDIKTI Wilayah 3, Untar memiliki skor 2.166 di Klaster 2 Perguruan Tinggi, 2.360 untuk indikator input, 3.336 untuk indikator proses, 1.425 untuk indikator output, dan 1.678 untuk indikator outcome.(OL-7)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Pemerintah Gelontorkan Bansos Beras Untuk 10 Juta KPM

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 07:21 WIB
Pemerintah menggelontorkan beras untuk dampak covid-19 kepada 10 juta kepala keluarga yang ikut program Keluarga Penerima Manfaat (KPM)....
Antara/Adiwinata Solihin

Kepercayaan Diri Daerah Mampu Tingkatkan Upaya Pengurangan Risiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 07:00 WIB
Kabupaten Karangasem memiliki berbagai potensi yang ada untuk membangkitkan ketertarikan para wisatawan, salah satunya adalah dengan...
Instagram  @DR_TOMPI

Tompi Belum Bisa Move On dari Sosok Glenn

👤MI 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 06:20 WIB
SEJUMLAH seniman Tanah Air mengenang hari lahirnya mendiang musisi Glenn Fredly yang ke-45 tahun,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya