Senin 07 September 2020, 00:45 WIB

Wisata dan Mahasiswa Pemicu Pertumbuhan

(AT/RF/N-3) | Nusantara
Wisata dan Mahasiswa Pemicu Pertumbuhan

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
WISATA MALAM YOGYAKARTA KEMBALI RAMAI: Wisatawan menaiki mobil kayuh di Alun-alun selatan, Yogyakarta, Kamis (3/9/2020).

 

DI Yogyakarta, pandemi tidak membuat kalangan perbankan kecut. Seperti dituturkan Direktur Bank Pembangunan Daerah DI Yogyakarta, Santosa Rahmat, masyarakat masih mampu membayar utang, terbukti dengan nonperforming loan yang masih terjaga dan kredit tetap tumbuh.

"Kami yakin pertumbuhan ekonomi akan membaik. Meski sebelumnya perbankan sudah memperhitungkan skenario terburuk, ternyata tidak terjadi," ujarnya dalam sebuah diskusi, akhir pekan lalu.

Salah satu yang membuat perbankan tetap optimistis ialah dibukanya kembali akivitas pariwisata meski secara terbatas. Kebijakan itu diprediksi mampu mengungkit perekonomian 'Kota Pendidikan' ini.

"Prediksi saya ekonomi sudah mulai tumbuh. Jalanan di Yogyakarta sekarang sudah mulai macet, terlebih pada akhir pekan," tambahnya.

Wakil Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Yogyakarta, Amirullah Setya Hardi, juga optimistis perekonomian daerah ini akan semakin baik. "Syaratnya, wisatawan tinggal dalam jangka waktu lama, termasuk mahasiswa dari luar DIY."

September ini sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta kembali menggelar perkuliahan tatap muka. Saat ini, sekitar 200 ribu mahasiswa luar daerah tinggal di DIY.

Wisata juga jadi obsesi Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan untuk mengerek ekonomi daerahnya. Untuk itu, ia mengembangkan potensi objek wisata alam dengan terus menggali dan menatanya.

Salah satu incaran Erzaldi ialah wisata batu di Mentas, Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. "Selain bebatuan yang tersusun alami, perbukitan dan hutan alami, di Mentas saya bisa melihat langsung tarsius atau pelilean, fauna khas Belitung." (AT/RF/N-3

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

Sebanyak 84% Penderita Covid -19 di Kalsel Sembuh

👤Denny Susanto 🕔Minggu 20 September 2020, 11:14 WIB
Penderita sembuh terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Tanah...
MI/Hery Susetyo

Kapolda Jatim Tinjau Operasi Yustisi di Daerah Rawan Covid-19

👤Hery Susetyo 🕔Minggu 20 September 2020, 10:50 WIB
Peninjauan operasi yustisi tersebut dilakukan di Jalan Tambak Sari di depan Stadion 10 November Surabaya dan kawasan Jembatan...
Ist

Sambut Para Wisatawan, NTT Tingkatkan Protokol CHSE

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 10:39 WIB
Kedisiplinan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu dasar bagi keberlangsungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya