Senin 07 September 2020, 00:10 WIB

Kebakaran Hanguskan Hutan California

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kebakaran Hanguskan Hutan California

AFP
Kebakaran hanguskan hutan California

 

SEORANG awak helikopter Pengawal Nasional California dengan panik mengangkut para pekemah yang terjebak banyak dari mereka terluka di dekat Shaver Lake, Sabtu malam, saat api dari Creek Fire yang bergerak cepat menimpa mereka.

Seorang juru bicara Garda Nasional mengatakan sebuah helikopter Chinook telah mengangkut 50-60 pengungsi pertama ke Bandara Fresno.

“Beberapa di antaranya terluka oleh kobaran api. Sebuah helikopter Blackhawk juga terlibat dalam penyelamatan,” kata Letnan Kolonel Jonathan Shiroma yang mengirim e-mail pada pukul 10.22 waktu setempat. 

“Di bandara, tanggap darurat, pemadam kebakaran, dan elemen medis dari Sayap Tempur 144 siap membantu. Kedua sayap putar kembali ke lokasi kebakaran untuk segera mengevakuasi lebih banyak orang.”

Departemen Pemadam Kebakaran Fresno mengetwit bahwa setidaknya dua dari pengungsi ialah pasien yang terluka parah dan 10 lainnya menderita luka sedang. Unggahan media sosial dari para penyintas menampilkan pemandangan yang menakutkan.


3.000 bangunan terancam 

Api membakar begitu cepat dan intens sehingga ahli iklim Daniel Swain mengatakan pyrotornado mungkin telah terjadi menyusul awan pyrocumulus besar yang menunjukkan perilaku api yang ekstrem.

“Sesuaikan rencana akhir pekan Hari Buruh Anda. Akses ke Shaver Lake benar-benar tertutup untuk umum karena #Creekfire,” kata kantor sheriff Fresno County setelah mengumumkan perintah evakuasi untuk tempat perkemahan dan komunitas di tepi danau.

Patroli Jalan Raya California menutup State Route 168 untuk hanya mengizinkan akses bagi responden darurat dan pengungsi. Api mengirimkan awan asap besar yang terlihat dari luar angkasa. 

Tidak ada penahanan. Kondisi tulang kering dan cuaca panas menyulut api. “Begitu api mulai menyala, itu menciptakan cuacanya, menambahkan angin untuk meningkatkan penyebaran,” kata Tune.

Danau 35 mil timur laut Fresno dikelilingi hutan pinus yang lebat dan merupakan tujuan populer untuk berperahu dan memancing. Kebakaran Creek muncul pada Jumat malam dan berkembang secara eksponensial pada Sabtu. Kebakaran itu belum teratasi, menurut pejabat Dinas Kehutanan AS.

Sejauh ini, 450 petugas pemadam kebakaran telah merespons kejadian tersebut. Penyebab kebakaran ini sedang diselidiki. Di California Selatan, kebakaran di kaki bukit Yucaipa telah mendorong perintah evakuasi untuk bagian timur kota yang berpenduduk 54.000 jiwa bersama beberapa komunitas, termasuk Oak Glen, Mountain Home Village, dan Forest Falls.

Unit San Bernardino dari Cal Fire mengatakan api menghanguskan setidaknya 1,5 mil persegi dan membakar pada tingkat penyebaran sedang hingga berbahaya. Sebagian San Gorgonio Wilderness ditutup dan para pendaki didesak untuk segera pergi.

Di timur San Diego County, petugas pemadam kebakaran memperingatkan api di dekat Alpine membakar dengan kecepatan yang berbahaya setelah menyebar ke 400 hektare dalam waktu 1 jam. Sebuah komunitas kecil di selatan Alpine di Hutan Nasional Cleveland diperintahkan untuk melakukan evakuasi. (CBS/USAToday/I-1)
 

Baca Juga

dok.mi

Kematian Akibat Covid-19 di AS akan Tembus 200 ribu Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:10 WIB
AMERIKA Serikat (AS) akan melampaui 200 rbu kematian akibat virus korona baru (covid-19) dalam beberapa hari...
Antara

Alasan Covid-19, Tiongkok Larang Seafood dari Eksportir Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:35 WIB
EKSPORTIR makanan laut Indonesia kini dilarang masuk ke negeri tirai bambu tersebut. Alasannya, pemerintah Tiongkok menemukan virus...
AFP

Trump Blokir TikTok dan WeChat Mulai 20 September

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 10:40 WIB
Alasan keamanan nasional, Presiden AS Donald Trump melarang warga AS mengunduh WeChat dan Tiktok mulai 20 September 2020. Siapapun warga AS...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya