Minggu 06 September 2020, 08:00 WIB

Belajar Bangkit di Tengah Himpitan Covid-19

Mediaindonesia.com | Nusantara
Belajar Bangkit di Tengah Himpitan Covid-19

dok.Ist
Salah seorang pelaku UMKM Nadia Nur Aulya mencoba memanfaatkan media sosial untuk menjalankan usahanya.

 

PANDEMI covid-19 melanda sebagian besar dunia memang telah melumpuhkan banyak sektor, terutama perekonomian. Itu sebabnya pemerintah mendorong dan sekaligus membantu UMKM untuk bangkit, sebab mereka merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Bahkan pemerintah kini mendorong agar para pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi. Berangkat dari situlah Nadia Nur Aulya, memanfaatkan media sosial untuk memasarkan berbagai usahanya, mulai dari busana, rumah makan, dan coffe shop & traditional food miliknya.

Baca juga: Pemerintah Dukung Digitalisasi UMKM Naik Kelas

”Sebenarnya saya belum sukses ini baru tahapan aku merangkak untuk bisa berdiri di podium kesuksesan," cetus istri Yoga Sugawa itu.

Berawal berjualan online, pada Maret 2020, perempuan kelahiran 10 Februari 1999 itu membuka usaha makanan dengan membeli franchise.  Namun pandemi covid-19 membuat usaha mereka kesulitan. Meski begitu ia tetap berjuang untuk tetap bisa mempertahankan usahanya dan memperkerjakan para karyawan.

"Ya dengan followers aku yang cukup banyak jujur aku manfaatkan ini untuk buka usaha baru yakni coffe shop dan tradisional food. Karena aku juga  nggak tahu sampai kapan aku bisa berkarier di instagram dan aku gak bisa terus-terusan mengandalkan penghasilan dari instagram, jadi mumpung ada kesempatan dan ada waktu yang tepat aku membuat bisnis baru," ujar perempuan yang akrab dipanggil Nay itu.

Jauh sebelum menjadi pelaku UMKM, Nay memang dikenal sebagai salah seorang Selebgram. Ia pun mencoba memanfaatkan followernya itu dalam bisnisnya.

"Aku suka berbagi foto ootd (outfitof the day) di feed instagram sehingga followers aku semakin naik dan endorse pun semakin banyak yang masuk, sampai akhir nya di 2019. Aku memulai membuat filter instagram yang waktu itu hanya sedikit sekali creator yg membuat filter, dan dengan ada nya filter instagram membuat Followersku semakin banyak sampai akhir nya keluar filter minimalis yang membuat followers instgram aku bertambah sampai ratusan ribu followers dan itu terus terang saya memanfaatkan itu,” terangnya. (RO/A-1)

Baca Juga

Ist

MA-Muji Siap Jadikan Surabaya Kota Percontohan Layanan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 September 2020, 15:25 WIB
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman (MA-Muji), berkomitmen sejahterakan ASN agar memberi...
MI/Supardji Rasban

Bantuan Paket Sembakao, Legislator Ingatkan Kader harus Solid

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 18 September 2020, 15:15 WIB
BANTUAN sembakao bagi warga kurang mampu di tengah pademi covid-19 terus dilakukan sejumlah pihak di...
ANTARA/Kornelis Kaha

Jumlah Kasus Positif Korona Naik, NTT Belum akan Terapkan PSBB

👤Palce Amalo 🕔Jumat 18 September 2020, 15:05 WIB
Peningkatan kasus covid-19 di NTT paling banyak berasal dari pelaku perjalanan dan transmisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya