Minggu 06 September 2020, 15:05 WIB

11 Kabupaten di Jateng Diimbau Siaga Kekeringan

Liliek dharmawan | Nusantara
11 Kabupaten di Jateng Diimbau Siaga Kekeringan

MI/Djoko Sardjono
BPBD Klaten menyalurkan bantuan air bersih di salah satu desa kekeringan di Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (2/9).

 

Sebanyak 11 kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) diminta untuk mewaspadai kekeringan meteorologis. Sementara sejumlah kabupaten di Jateng selatan terus menyuplai kebutuhan air bersih untuk wilayah yang mengalami kekeringan.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa berdasarkan pemantauan yang dilakukan Stasiun Klimatologi Semarang, di Jateng ada 11 kabupaten yang berpotensi mengalami kekeringan meteorologis. 

Baca juga: Gerakan Siaga Desa TBC Untuk Mengeliminasi Tuberkulosis

"Kabupaten yang masuk kategori siaga adalah Brebes, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Purworejo dan Demak. Lima kabupaten lainnya adalah Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Wonogiri," jelas Rendi pada Minggu (6/9).

Menurutnya, berdasarkan prakiraan pada dasarian (10 hari) pertama bulan September, ada 60% daerah yang masuk kriteria hujan dengan intensitas rendah atau di bawah 50 mm. Ada beberapa daerah yang tidak mengalami hujan sangat panjang antara 31-60 hari yakni Gunem di Kabupaten Rembang, kemudian Rawalo, Banyumas, Losari dan Larangan di Brebes dan Trenggiling di Purbalingga.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengungkapkan bahwa di Cilacap sudah ada satu desa yang kini disuplai air bersih. 

"Yakni Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten dengan sasaran sebanyak 94 keluarga atau 332 jiwa. BPBD Cilacap telah menyuplai 
kebutuhan air bersih sebanyak 5 ribu liter," ujarnya.

Tri Komara mengatakan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisi kekeringan di Cilacap tahun ini tidak parah. Sebab, selama musim kemarau, masih ada hujan, sehingga belum banyak desa yang mengalami krisis air bersih. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/FB Anggoro

Pekanbaru Berlakukan PSBM di Empat Kecamatan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:20 WIB
Selain Kecamatan Tampan, tiga kecamatan lain yang juga diberlakukan PSBM yakni Kecamatan Marpoyan Damai, Bukit Raya dan Payung...
MI/Depi Gunawan

Lima Ribu Orang Terjaring Razia Masker di Cimahi

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 29 September 2020, 23:10 WIB
Mereka lalu digiring petugas untuk diberikan...
MI/Bayu Anggoro

Ridwan Kamil Segera Berkantor di Depok

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 21:56 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Jabar rencananya akan berkantor di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya